Wednesday, June 11, 2025

Bekerja dan Tinggal di Belanda: Durasi Tinggal Menentukan Proses

 


 


Halo sobat KP! Pada kesempatan kali ini, yuk ikut mimin buat bahas bareng tentang serba serbi bekerja dan tinggal di Belanda. Kira-kira ada apa aja ya? Kuy simak penjelasannya!

A.    Tinggal Kurang dari 4 Bulan

Bagi sobat KP yang berencana untuk bekerja atau tinggal di Belanda kurang dari empat bulan, berarti sobat KP dianggap sebagai bukan penduduk atau niet-ingezetene. Sobat KP wajib mendaftar di layanan pemerintah Belanda untuk mendapatkan BSN.

Lalu bagaimana cara mendaftarnya? Syarat apa yang harus dibawa ketika mendaftar? Nah, cara mendaftarnya sobat KP perlu datang ke salah satu dari 19 meja layanan pemerintah Belanda. Ada 19 kotamadya di Belanda yang memiliki meja Basis Data Catatan Non-Penduduk (RNI). Kalian bisa menghubungi salah satu dari mereka untuk urusan yang terkait dengan RNI (bisa cek disini ya = https://www.netherlandsworldwide.nl/non-residents-records-database/contacting-rni-desk).

Proses pendaftarannya meliputi pembuatan temu janji, pengisian formulir pendaftaran (bisa online sebelumnya untuk efisiensi = https://rni-webform.rvig.nl/en), membawa kode QR yang dipersonalisasi, serta identitas yang sah (paspor atau kartu identitas UE) dan alamat di luar Belanda. Nah, setelah mendaftar, sobat KP akan mendapatkan BSN. Jika sudah pernah mendaftar sebelumnya dan memiliki BSN, kalian tidak perlu mendaftar lagi, cukup berikan BSN yang sebelumnya kepada atasan. Namun, jika sobat KP lupa atau kehilangan BSN, kalian bisa memintanya dari salah satu dari 19 kantor layanan di Belanda (harus membayar ya, untuk layanan ini).

B.    Tinggal Lebih dari 4 Bulan

Jika sobat KP akan tinggal dan bekerja di Belanda selama lebih dari empat bulan, maka sobat KP harus mendaftar di kantor tempat kalian akan tinggal dan akan dianggap sebagai penduduk atau ingezetene. Pendaftaran ini harus dilakukan dalam waktu lima hari setelah kedatangan atau setelah memutuskan untuk tinggal lebih dari empat bulan, ya sobat.

Dokumen apa saja yang diperlukan? Sobat KP perlu menyiapkan paspor atau kartu identitas UE yang masih berlaku, dan disarankan juga membawa dokumen penting lainnya seperti akta kelahiran atau akta nikah. Jika sobat KP membawa pasangan dan/atau anak-anak yang akan tinggal lebih dari empat bulan juga, maka mereka juga wajib mendaftar dan akan mendapatkan BSN.

Jika Sobat KP bekerja di Belanda lebih dari empat bulan tetapi tinggal di luar Belanda (misalnya di wilayah perbatasan), kalian tetap harus mendaftar sebagai bukan penduduk di salah satu dari 19 kantor Pendaftaran Bukan Penduduk (RNI) yang tersebar di berbagai kota di Belanda.

C.    Mengapa BSN Penting?

Dari tadi kita membahas soal BSN, nah sebenernya BSN itu apa sih? Kenapa kita harus mendaftar untuk mendapatkan BSN? Jadi, BSN adalah nomor registrasi unik yang dikeluarkan oleh pemerintah Belanda untuk berinteraksi dengan pemerintah. Sobat KP pasti akan memerlukan BSN untuk bekerja di Belanda, membuka rekening bank Belanda, dan mengambil asuransi kesehatan Belanda.

BSN ini sangat penting. Tanpa BSN, sobat KP tidak bisa bekerja di Belanda, karena pemberi kerja memerlukan BSN untuk mengajukan pengembalian gaji pajak kalian. Selain itu, BSN juga diperlukan jika sobat KP tinggal di Belanda. Namun, jika kalian tidak tinggal di Belanda dan hanya bekerja sementara untuk pemberi kerja di luar negeri atau Ditempatkan oleh perusahaan asing, sobat KP tidak memerlukan BSN.

D.    DigiD: Identitas Digital di Belanda




DigiD merupakan alat penting untuk mengakses layanan organisasi pemerintah di Belanda, seperti mengurus asuransi kesehatan atau mengajukan permohonan ke Badan Asuransi Karyawan (UWV). Lalu, bagaimana cara mengajukan DigiD? Apa saja syaratnya? Untuk mengajukan DigiD, sobat KP memerlukan bukti identitas yang sah (paspor atau kartu identitas), BSN, telepon seluler yang dapat menerima pesan teks di Belanda atau luar negeri, dan alamat email.

Proses pengajuan DigiD bervariasi tergantung status pendaftaran:

  • Jika terdaftar sebagai penduduk: Kunjungi www.DigiD.nl, pilih 'Aanvragen' (Terapkan) dan 'Saya tinggal di Belanda'. Kode aktivasi akan dikirimkan ke alamat terdaftar dalam waktu tiga hari kerja.
  • Jika terdaftar sebagai non-residen: Kunjungi www.DigiD.nl, pilih 'Aanvragen' dan 'Saya tidak tinggal di Belanda'. Sobat KP akan menerima kode titik layanan yang harus dibawa ke salah satu titik layanan DigiD atau melalui panggilan video dalam waktu 30 hari untuk mendapatkan kode aktivasi. Penting untuk membuat janji temu di titik layanan DigiD sebelum mengajukan akun.

Kode aktivasi DigiD harus diambil secara pribadi; orang lain tidak dapat mewakilinya. Jika sobat KP sedang berada di luar negeri, sobat KP bisa mendapatkan kode aktivasi melalui panggilan video atau di titik layanan DigiD di luar negeri. DigiD ini bersifat pribadi, jadi jangan pernah membagikan nama pengguna dan kata sandi kalian kepada orang lain, ya!

Penting untuk sobat KP memahami dan mengikuti setiap prosedur juga syarat pendaftarannya guna kenyamanan kalian tinggal dan bekerja di Belanda. Jadi, jangan sampai terlewat ya, sobat!

Referensi:

https://workinnl.nl/en/topics/inschrijving+en/default.aspx

https://www.netherlandsworldwide.nl/non-residents-records-database/contacting-rni-desk

https://www.digid.nl/en/

https://techzle.com/log-in-safely-and-quickly-with-the-digid-app-thats-how-it-works-in-5-steps

https://ehef.id/post/working-netherlands-guide-dutch-business-culture

 

 

No comments:

Post a Comment