Halo sobat KP! Pada kesempatan kali
ini, yuk ikut mimin buat bahas bareng tentang serba serbi bekerja dan tinggal
di Belanda. Kira-kira ada apa aja ya? Kuy simak penjelasannya!
A. Tinggal Kurang dari 4 Bulan
Bagi sobat KP yang berencana untuk
bekerja atau tinggal di Belanda kurang dari empat bulan, berarti sobat
KP dianggap sebagai bukan penduduk atau niet-ingezetene. Sobat
KP wajib mendaftar di layanan pemerintah Belanda untuk mendapatkan BSN.
Lalu bagaimana cara mendaftarnya?
Syarat apa yang harus dibawa ketika mendaftar? Nah, cara mendaftarnya sobat KP
perlu datang ke salah satu dari 19 meja layanan pemerintah Belanda. Ada 19
kotamadya di Belanda yang memiliki meja Basis Data Catatan Non-Penduduk
(RNI). Kalian bisa menghubungi salah satu dari mereka untuk urusan yang terkait
dengan RNI (bisa cek disini ya = https://www.netherlandsworldwide.nl/non-residents-records-database/contacting-rni-desk).
Proses pendaftarannya meliputi
pembuatan temu janji, pengisian formulir pendaftaran (bisa online sebelumnya
untuk efisiensi = https://rni-webform.rvig.nl/en), membawa kode QR yang
dipersonalisasi, serta identitas yang sah (paspor atau kartu identitas UE) dan
alamat di luar Belanda. Nah, setelah mendaftar, sobat KP akan mendapatkan BSN.
Jika sudah pernah mendaftar sebelumnya dan memiliki BSN, kalian tidak perlu
mendaftar lagi, cukup berikan BSN yang sebelumnya kepada atasan. Namun, jika
sobat KP lupa atau kehilangan BSN, kalian bisa memintanya dari salah
satu dari 19 kantor layanan di Belanda (harus membayar ya, untuk
layanan ini).
B. Tinggal Lebih dari 4 Bulan
Jika sobat KP akan tinggal dan
bekerja di Belanda selama lebih dari empat bulan, maka sobat KP harus
mendaftar di kantor tempat kalian akan tinggal dan akan dianggap sebagai
penduduk atau ingezetene. Pendaftaran ini harus dilakukan dalam
waktu lima hari setelah kedatangan atau setelah memutuskan untuk tinggal
lebih dari empat bulan, ya sobat.
Dokumen apa saja yang diperlukan?
Sobat KP perlu menyiapkan paspor atau kartu identitas UE yang masih berlaku,
dan disarankan juga membawa dokumen penting lainnya seperti akta kelahiran atau
akta nikah. Jika sobat KP membawa pasangan dan/atau anak-anak yang akan tinggal
lebih dari empat bulan juga, maka mereka juga wajib mendaftar dan akan
mendapatkan BSN.
Jika Sobat KP bekerja di Belanda
lebih dari empat bulan tetapi tinggal di luar Belanda (misalnya di wilayah
perbatasan), kalian tetap harus mendaftar sebagai bukan penduduk di
salah satu dari 19 kantor Pendaftaran Bukan Penduduk (RNI) yang tersebar di
berbagai kota di Belanda.
C. Mengapa BSN Penting?
Dari tadi kita membahas soal BSN,
nah sebenernya BSN itu apa sih? Kenapa kita harus mendaftar untuk mendapatkan
BSN? Jadi, BSN adalah nomor registrasi unik yang dikeluarkan oleh
pemerintah Belanda untuk berinteraksi dengan pemerintah. Sobat KP pasti akan
memerlukan BSN untuk bekerja di Belanda, membuka rekening bank Belanda, dan
mengambil asuransi kesehatan Belanda.
BSN ini sangat penting. Tanpa BSN, sobat KP tidak bisa
bekerja di Belanda, karena pemberi kerja memerlukan BSN untuk mengajukan pengembalian
gaji pajak kalian. Selain itu, BSN juga diperlukan jika sobat KP tinggal di
Belanda. Namun, jika kalian tidak tinggal di Belanda dan hanya bekerja
sementara untuk pemberi kerja di luar negeri atau Ditempatkan oleh perusahaan
asing, sobat KP tidak memerlukan BSN.
D. DigiD: Identitas Digital di Belanda
DigiD merupakan alat penting untuk mengakses
layanan organisasi pemerintah di Belanda, seperti mengurus asuransi
kesehatan atau mengajukan permohonan ke Badan Asuransi Karyawan (UWV). Lalu,
bagaimana cara mengajukan DigiD? Apa saja syaratnya? Untuk mengajukan DigiD,
sobat KP memerlukan bukti identitas yang sah (paspor atau kartu identitas),
BSN, telepon seluler yang dapat menerima pesan teks di Belanda atau luar
negeri, dan alamat email.
Proses
pengajuan DigiD bervariasi tergantung status pendaftaran:
- Jika
terdaftar sebagai penduduk:
Kunjungi www.DigiD.nl, pilih 'Aanvragen' (Terapkan) dan 'Saya
tinggal di Belanda'. Kode aktivasi akan dikirimkan ke alamat terdaftar
dalam waktu tiga hari kerja.
- Jika
terdaftar sebagai non-residen:
Kunjungi www.DigiD.nl, pilih 'Aanvragen' dan 'Saya tidak tinggal
di Belanda'. Sobat KP akan menerima kode titik layanan yang harus
dibawa ke salah satu titik layanan DigiD atau melalui panggilan video
dalam waktu 30 hari untuk mendapatkan kode aktivasi. Penting untuk membuat
janji temu di titik layanan DigiD sebelum mengajukan akun.
Kode aktivasi DigiD harus diambil
secara pribadi; orang lain tidak dapat mewakilinya. Jika sobat KP sedang
berada di luar negeri, sobat KP bisa mendapatkan kode aktivasi melalui
panggilan video atau di titik layanan DigiD di luar negeri. DigiD ini bersifat
pribadi, jadi jangan pernah membagikan nama pengguna dan kata sandi kalian
kepada orang lain, ya!
Penting untuk sobat KP memahami dan
mengikuti setiap prosedur juga syarat pendaftarannya guna kenyamanan kalian tinggal
dan bekerja di Belanda. Jadi, jangan sampai terlewat ya, sobat!
Referensi:
https://workinnl.nl/en/topics/inschrijving+en/default.aspx
https://www.netherlandsworldwide.nl/non-residents-records-database/contacting-rni-desk
https://techzle.com/log-in-safely-and-quickly-with-the-digid-app-thats-how-it-works-in-5-steps
https://ehef.id/post/working-netherlands-guide-dutch-business-culture
No comments:
Post a Comment