Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Wednesday, August 14, 2024

Real or Fake Tinggal di Belanda Ga Segampang Itu!


Ngomongin soal hidup di Belanda, siapa nih yang langsung kebayang soal keju, tulip, sama kanalnya? Tapi, ternyata di balik keindahannya, ada banyak cerita menarik yang perlu para sobat KP tau. Salah satunya dari pengalaman Kak Anastasia, seorang perempuan Indonesia yang udah 8 tahun tinggal di Belanda. Kira-kira ada pengalaman menarik apa aja ya selama ia tinggal di Belanda? Dan gimana awalnya kok bisa menetap di Belanda? Kuy cari tau lebih lanjut!


A. Dari Jogja ke Belanda

Kak Anastasia, cewek asli Jogja yang udah 8 tahun tinggal di Belanda, tepatnya di Warmenhuizen, Belanda Utara. Berawal dari Kak Anastasia yang sibuk muter-muter kerja di Indonesia, sampai akhirnya “dikenalin” ke cowok Belanda sama temennya lewat FB.  Ceritanya klasik banget kan, sobat? Kenalan lewat FB, lanjut chat lewat BBM, pacaran LDR, terus doi langsung nyamperin ke Jogja buat kenalan sama keluarga. Nah, pas udah serius, tahun depannya Kak Anastasia yang gantian pergi ke Belanda buat kenalan sama keluarga mas pacar. Yup, karna hubungan Kak Tasia dan mas pacar sudah mulai serius, Kak Tasia mulai cari-cari info tentang kursus bahasa Belanda  yang terpercaya untuk persiapannya tinggal di Belanda. Nah, disini nih Kak Tasia kenal Karta Pustaka.

B. Belajar Bahasa Belanda: Perjuangan yang Nggak Gampang Bagi Kak Tasia

Nah, yang paling menantang itu pas awal-awal tinggal di Belanda. Bahasa jadi kendala utama buat Kak Tasia. Padahal sebelum berangkat ke Belanda, Kak Tasia udah belajar Bahasa, mulai dari les privat sampai ikut kursus di Karta Pustaka. Tapi tetep aja, butuh waktu lama buat fasih karna emang Kak Tasia ga suka buat belajar bahasa. Hal ini jadi beban yang cukup berat buat Kak Tasya. Ditambah adanya keharusan bisa bahasa untuk lulus inburgeringexamens yang nantinya akan dipergunakan untuk memperpanjang izin tinggal, jadi Kak Tasia harus ikut kursus Bahasa lagi di Belanda. Ga tanggung-tanggung sobat, butuh biaya sekitar 3200 euro di tahun 2016. Wah mahal banget ya! 

C. Kerja di Belanda: Dari Pabrik Sayur Sampai Supermarket

Background kebiasaan kerja Kak Tasia bikin ia gabisa tinggal di rumah gitu aja. Kebiasaanya buat ulet bekerja membuat ia mencoba banyak pengalaman baru bekerja di Belanda, ya itung-itung sekalian buat nambah-nambah jajan di Belanda, xixixi. Mulai dari kerja sambilan nganterin brosur, kerja di supermarket, kerja di warteg, sampai kerja di pabrik sayur yang buat Kak Tasia harus berdiri sepanjang hari. Nah, pengalaman kerja yang beragam ini bikin Kak Tasia jadi lebih mandiri, nih sobat. Wah, siapa nih yang tertarik buat bekerja di Belanda?

Kalau mau kerja di Belanda, pastikan punya izin tinggal (verblijfsvergunning), visa kerja atau izin kerja. Hal ini akan ditanyakan bila kita akan melamar pekerjaan baik secara langsung ke perushaan yang dituju ataupun melalui uitzendbureau (biro tenaga kerja). Selain itu syarat lain bekerja di Belanda adalah memiliki zorgverzekering (asuransi kesehatan). Untuk info detailnya bisa dilihat di website rijksoverheid.nl atau ind.nl.

D. Tips buat yang Mau ke Belanda

Buat para sobat KP yang punya rencana tinggal di Belanda, Kak Tasia punya beberapa tips nih:

  • Kuasai Bahasa Belanda: Ini wajib banget! Pokoknya manfaatkan waktu sebaik mungkin buat belajar Bahasa apalagi pas masih di Indonesia, mengingat biaya kursus yang selangit di sana. Soalnya, kalau para sobat KP bisa bahasa Belanda, pasti bakal lebih gampang buat berinteraksi dengan orang-orang sekitar, juga buat cari kerja di sana.
  • Cari Informasi yang Benar: Jangan mudah percaya sama informasi yang belum jelas yang banyak beredar di medsos. Lebih baik cari info dari sumber yang terpercaya.
  • Mandiri: Basic skill tu wajib banget kita punya kalok mau pergi ke luar negeri, ga terkecuali ke Belanda. Bisa masak, bersih-bersih, dan ngurus diri sendiri itu penting banget! Mengingat biaya jasa yang mahal banget di sini.
  • Kembangkan Keahlian: Nah ini nih tips terakhir dari Kak Tasia. Kalau para sobat KP punya keahlian khusus, kayak bikin kerajinan tangan, atau apapun yang bisa jadi peluang buat menghasilkan uang di Belanda, kembangkan! Itu akan sangat bermanfaat buat oara sobat KP, karena bisa meKakantu kalian mengisi waktu luang dengan hal yang bisa menghasilkan uang.

          Dari cerita Kak Tasia diatas, ternyata hidup di Belanda itu nggak semudah yang kelihatannya di TikTok. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi, tapi juga banyak hal seru yang bisa kita dapatin. Yang penting, kita harus punya semangat yang tinggi dan mau terus belajar. Gimana? Udah kebayang kan, serunya hidup di Belanda?

 

 

No comments:

Post a Comment