Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Wednesday, July 24, 2024

Permainan Tradisional Belanda yang Mirip Permainan Indonesia

 

Permainan Tradisional Belanda yang Mirip Permainan Indonesia

 

Halo Sobat KP! Musim liburan gini hari-hari cuma scroll tiktok atau kalok engga main game online. Kalian pada bosen ga sih tiap hari kegiatannya itu-itu aja? Mimin sih bosen banget, huft. Emm, gimana kalok kita sekali-kali coba permainan yang super seru dan hype abis? Wah, boleh juga tuh keknya. Okei! Kali ini, min KP mau bahas 2 permainan tradisional Belanda yang mirip sama permainan tradisional Indonesia yang unik dan seru abis. Dijamin bikin para sobat KP penasaran dan pengen coba deh!

1. Hinkelen


Hinkelen merupakan mainan tradisional Belanda yang udah ada sejak jaman Mesir Kuno lho, sobat! Permainan hop-scotch ala Belanda ini dimainkan dengan menggunkan kapur untuk ngegambar kotak-kotak di tanah. Jadi, kalian bakal lempar koin atau batu pipih ke kotak-kotak itu, dan lompat-lompat dengan satu kaki untuk ngelewatin kotak yang ada koinnya. Permainan ini seru banget buat ngetes keseimbangan dan kelincahan kamu lho, sobat. Kalau para sobat KP ngeh, Hinkelen ini ada versi indonesiannya nih, sering disebut dengan “engklek”. Mimin suka banget main engklek sama temen-temen dulu waktu jaman sekolah, seru banget!

2. Annemaria Koekoek

Annemaria koekoek merupakan permainan tradisional Belanda yang mirip sama petak umpet asal Indonesia, sobat. Permainan ini yang super seru dan menegangkan. Annemaria koekoek juga bisa melatih kewaspadaan dan strategi, lho. Nah, sebenernya permainan ini mirip sama petak umpet biasa, tapi ada beberapa aturan unik yang bikin makin seru. Kira-kira apa ya aturan uniknya? Berikut mimin bahas beberapa peraturan unik bermain annemaria koekoek:

  • Rumah aman: Di beberapa variasi nnemaria koekoek, ada tempat yang disebut rumah aman di mana pemain yang bersembunyi gak boleh disentuh oleh pencari. Biasanya, rumah aman ini adalah benda permanen seperti pohon, tembok, atau tiang. Aturan ini bikin permainan makin seru karena pemain yang bersembunyi harus pintar-pintar mencari rumah aman yang strategis.
  • Kode rahasia: Dalam aturan ini, pemain yang bersembunyi boleh ngasih “kode rahasia” ke temen-temennya dengan suara atau gerakan. Aturan ini bikin permainan makin menegangkan karena pencari harus berusaha menebak kode rahasia untuk menemukan pemain yang bersembunyi, nih sobat.
  • Bonus poin: Dalam beberapa variasi Annemaria koekoek, ada bonus poin yang bisa didapatkan oleh pemain yang bersembunyi. Contohnya seperti bonus poin bisa didapatkan kalo pemain berhasil bersembunyi di tempat yang sulit ditemukan atau kalo mereka bisa menyelesaikan tugas tertentu. Aturan ini bikin permainan makin kompetitif dan seru, sobat.
  • Pencari ganda: Dalam beberapa variasi Annemaria koekoek, juga ada yang menggunakan dua orang sekaligus sebagai pencari. Aturan ini bikin permainan makin sulit dan menegangkan karena pemain yang bersembunyi harus berhati-hati dari dua pencari sekaligus.

Namun perlu diingat sobat, aturan-aturan unik ini bisa berbeda-beda di setiap daerah di Belanda. Tapii, yang terpenting ya have fun dan nikmati permainan Annemaria Koekoek bersama teman-teman!

Jadi gitu sobat, 2 permainan tradisioanl Belanda yang mirip sama permainan tradisional Indonesia yang bisa banget kalian coba di musim liburan ini. Dari pada seharian mantengin gawai terus, mending mainin permainan tradisional ini di luar bareng temen-temen sekaligus olahraga.

 Ingin tahu lebih banyak mengenai hal menarik di Belanda? Silakan follow instagram kami di @kartapustaka atau hubungi kami di 085750579272 (Admin)

Penulis: Aldonna        

Referensi:

https://groepsspellen.nl/oud-hollandse-spelletjes/

https://www.oudersvannu.nl/kind/oud-hollandse-spelletjes-voor-alle-leeftijden~eab5988?referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F

https://weethetsnel.nl/instructie/2454-4-komische-varianten-op-Annemaria-Koekoek-zo-speel-je-ze

https://www.plusonline.nl/nostalgie/nostalgie-hinkelen

 

 

No comments:

Post a Comment