Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Sunday, January 21, 2024

"Faktor-Faktor yang Mendukung Pria Belanda Tumbuh Tinggi"

 



        Halo sobat KP! Pernah gak sih kalian kepoin kenapa para cowok Belanda tuh pada tinggi-tinggi banget? Nah, buat yang pada kepo kayak min KP, jangan sampe kelewat! Kuy cari tahu bareng min KP karena ada banyak alasan di balik tingginya para pria dari negeri kincir angin ini!

Ternyata pada mulanya sekitar pertengahan tahun 1800-an, orang-orang Belanda memiliki tinggi badan yang tergolong pendek di Eropa lho sobat. Tetapi, setelah mengalami perjalanan panjang orang-orang Belanda berevolusi dan memiliki rata-rata tinggi badan yang meningkat 20cm. Sehingga rata-rata tinggi badan pria adalah 182,5 cm dan wanita 168,7cm.Wah kerennya! Lalu kira-kira faktor apa saja ya yang mengakibatkan hal tersebut bisa terjadi? Berikut penjelasannya:

·         Faktor Genetik

Faktor genetik tentunya memegang alasan paling penting mengapa pria di Belanda memiliki tinggi yang menjulang. Penelitian yang diterbitkan oleh Royal Society Proceedings menunjukkan bahwa seleksi alam memegang andil yang besar dalam peningkatan tinggi badan di Belanda.Seleksi alam ini mengatakan bahwa orang dengan badan tinggi lebih banyak memiliki keturunan. Selain itu, juga dikatakan bahwa individu yang lebih tinggi akan memiliki lebih banyak keturunan pada generasi berikutnya yang lebih tinggi, karena rata-rata tinggi badan pada generasi tersebut akan sedikit lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

·         Faktor Gizi

Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti protein, kalsium, dan vitamin D dapat berkontribusi pada pertumbuhan tinggi badan. Sebagai contoh, konsumsi susu yang tinggi, dikaitkan dengan pertumbuhan tinggi badan yang baik. Selain itu, pola makan yang sehat dan seimbang juga dapat memengaruhi pertumbuhan fisik, termasuk tinggi badan. Para sobat KP tidak lupa kan kalau Belanda merupakan negara penghasil keju yang besar dan juga produksi susunya yang melimpah? Jadi, ya sudah tidak diragukan lagi bahwa faktor gizi ini memegang peran penting dalam pertumbuhan tinggi badan penduduk Belanda xixixi.

·         Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan juga mendorong pertumbuhan tinggi badan warga Belanda nih sobat. Sistem perawatan kesehatan Belanda yang terkemuka di dunia, tingkat ketimpangan pendapatan yang rendah, dan sistem kesejahteraan sosial yang sangat baik menjadi faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat Belanda bisa hidup sejahtera yang otomatis mempengaruhi pada kualitas hidup yang baik. Kualitas hidup yang baik ini tentunya juga akan berperan pada peningkatan tinggi itu sobat!

Jadi, jelas ya sobat, tingginya para pria Belanda ini gabungan dari sejarah, genetika, gaya hidup, dan lingkungan yang mendukung. Makanya, jangan heran lagi kalo kebanyakan dari mereka bikin kita ngerasa kayak anak kecil di sebelah mereka, kan? Hehehe. Kira-kira bisa ga ya kalau faktor-faktor di atas direalisasikan di Indonesia?

Ingin tahu lebih banyak mengenai hal menarik di Belanda? Silakan follow instagram dan tiktok kami di @kartapustaka atau hubungi kami di 085750579272 (Admin).

Penulis: Aldonna

Referensi:

https://www.bbc.com/indonesia/vert-tra-53969855

https://www.bbc.com/travel/article/20200823-why-are-the-dutch-so-tall

https://www.dryukselyurttas.com/post/factors-influencing-height-growth

https://internasional.kompas.com/read/2021/12/27/233400770/rata-rata-182-5-cm-kenapa-orang-belanda-tinggi-tinggi-?page=all\

 

No comments:

Post a Comment