Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Sunday, January 21, 2024

"Negara yang berjodoh dengan Air"

 



            Halo, sobat KP! Kali ini min KP bakal bahas tentang hal paling menarik di Belanda, negara yang famous abis karena kehebatannya dalam mengelola air. Gak nyangka kan, kalo ternyata Belanda ini jadi negara paling inovatif dalam urusan manajemen air? Yuk, kita bahas lebih dalam!

Para sobat KP pasti tak asing dengan istilah “Netherlands” kan sobat? Jika dijabarkan, Netherlands ini  terbagi dari kata “Nether” dengan arti “rendah/dataran rendah” and “lands” yang berarti “negara/ tanah’’. Sehingga jika digabungkan, arti dari Netherlands yaitu negara dataran rendah. Julukan ini tentunya bukan tanpa sebab ya sobat, karena hal ini sesuai dengan keadaan geografis Belanda dimana sebagian besar wilayah Belanda berada di dataran rendah atau pantai yang rendah, dengan sekitar 26% wilayahnya berada di bawah permukaan laut. Wah apa ga langganan banjir itu Belanda? Tenang sobat, Belanda sudah memiliki pemikiran yang jauh kedepan tentang permasalahan-permasalahan semacam ini. Kuy coba kita bahas kira-kira pemikiran ataupun inovasi apa saja yang sudah di buat doi?

Nah, para sobat KP pada tahu ga sih sama Water Top Sector? Ini merupakan inisiatif pemerintah Belanda untuk mencari solusi berkelanjutan terhadap banjir dan kelangkaan air. Program ini fokus pada perlindungan pantai Belanda, serta sistem penghematan air dan teknologi air untuk daur ulang air. Water Top Sector juga bertujuan untuk menggandakan nilai tambah sektor air Belanda hingga tahun 2020 ini sobat. Oiya, Water Top Sector juga bertujuan untuk memposisikan Belanda sebagai negara ahli dan terkemuka di dunia dalam bidang teknologi delta, teknologi maritim, dan teknologi air.

1.       Teknologi Delta

        Belanda memiliki reputasi internasional yang dominan dalam bidang teknologi delta. Teknologi delta ini memungkinkan Belanda untuk hidup dan bekerja di daerah delta yang rendah seperti kondisi geografi negara tersebut. Negara ini telah berhasil membangun proyek-proyek inovatif seperti Sand Motor dan Maasvlakte II, yang menunjukkan kekuatan inovatif Belanda ke dunia. Emang gaperlu diraagukan lagi ini mah! Nah, sektor teknologi delta mengelompokkan pengembangan pengetahuan dan inovasi dalam 4 tema:

·         Rekayasa lingkungan: Ini merupakan konsep yang dikembangkan oleh Belanda dalam program inovasi Building with Nature selama 5 tahun terakhir. Konsep ini memungkinkan sektor teknik hidrolik untuk tetap kompetitif di pasar internasional dan berkontribusi pada pencapaian tujuan ekonomi serta tujuan yang melibatkan alam dan lingkungan hidup kita.

·         Keamanan Air: Merujuk pada perlindungan menyeluruh, rasional, dan berdasarkan risiko terhadap ancaman air tinggi atau yang dikenal sebagai 'keamanan berlapis'.

·         Tanggul Cerdas: Program inovasi Digital Delta dan Energy Dikes merupakan inisiatif belanda yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi yang lebih canggih dan efisien dalam mengelola air dan energi. Program Tanggul Energi ini berfokus pada cara-cara menghasilkan energi, termasuk transisi air tawar-air asin dan tenaga pasang surut.

·         Delta yang bisa ditinggali: Hanya beberapa negara yang memiliki pengetahuan terkait persyaratan teknis di kawasan delta perkotaan (aspek keamanan air, dampak perubahan iklim, dan pembangunan lingkungan serta ekonomi yang berkelanjutan). Dengan demikian, Belanda dapat memperkuat peran sebagai pelopor inovasi dalam seluruh rangkaian proses, mulai dari pemahaman dasar hingga pembangunan perkotaan.

2.       Teknologi Maritim

        Belanda merupakan pusat maritim Eropa dan memiliki salah satu klaster maritim terkuat dan paling lengkap di dunia. Keunggulan ini didukung oleh industri maritim yang beragam, armada kapal laut yang sangat beragam, armada navigasi pedalaman terbesar di Eropa, dan kapasitas pelabuhan tertinggi di Eropa. Wah keren banget sih!

3.       Teknologi air

        Teknologi ini membahas terkait sektor teknologi air di Belanda, yang fokus pada produksi air berkualitas tinggi dengan tetap menjaga tekanan lingkungan yang seimbang. Untuk seluruh komponen sektor Teknologi ini telah dirumuskan dalam 4 tema inovasi:

·         Air untuk Semua: Meliputi produksi air minum dan industri, serta pemurnian air bekas dengan biaya minimal.

·         Lebih Banyak Pangkas per Tetesan: Pada sektor ini Belanda berfokus pada peningkatan efisiensi dalam sektor pertanian dengan menggunakan teknologi.

·         Air & Energi: Berfokus pada pembuatan proses pengembangan energi industri yang lebih berkelanjutan, serta penggunaan energi bersih dan baru.

·         Air & TI: Berfokus pada peningkatan efisiensi teknologi udara dengan memeriksa kualitas air menggunakan penginderaan & pemantauan otomatis.

Jadi gitu sobat penjelasan singkat dari min KP terkait si negara air ini. Ingin tahu lebih banyak mengenai hal menarik di Belanda? Silakan follow instagram dan tiktok kami di @kartapustaka atau hubungi kami di 085750579272 (Admin).

Penulis: Aldonna

Referensi:

https://www.government.nl/topics/water-management

https://ehef.id/post/belajar-water-management-dan-urban-planning-di-negeri-kincir-angin

https://www.babbel.com/en/magazine/the-netherlands-holland-and-dutch

 

No comments:

Post a Comment