Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Tuesday, October 1, 2024

Kenapa Orang Belanda Selalu Tepat Waktu? Ini Dia Rahasianya!

 


Haloo!

Para sobat KP pernah kepikiran ga sih kenapa orang Belanda selalu tepat waktu banget? Hal ini sangat berbanding terbalik sama kebiasaan orang Indonesia yang suka ngaret. Penasaran? Nah, kali ini min KP bakal bahas tuntas nih, apa sih rahasia di balik ketepatan waktu orang Belanda.

Berikut beberapa alasan kenapa orang Belanda terkenal dengan kedisiplinan waktunya:

  • Budaya Kerja yang Tinggi: Orang Belanda punya budaya kerja yang sangat tinggi. Mereka menghargai efisiensi dan produktivitas. Jadi, wajar aja kalau mereka nggak mau waktu terbuang percuma karena telat.
  • Transportasi Umum: Transportasi umum di Belanda sudah menjadi bagain dari hidup mereka. Sistem transportasi umum di sana tuh udah canggih dan tepat waktu banget. Jadi, otomatis mereka harus bisa menyesuaikan keberangkatan mereka dengan waktu keberangkatan transportasi yang akan mereka gunakan. Hal ini secara tidak langsung membuat mereka terbiasa untuk bisa tepat waktu dan no ngaret-ngaret, sobat.
  • Mentalitas yang Disiplin: Orang Belanda punya mentalitas yang sangat disiplin. Mereka selalu berusaha untuk melakukan segala sesuatunya dengan benar dan tepat waktu agar semua bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Terus, apa sih dampaknya kalau kita bisa tepat waktu kayak orang Belanda?

  • Lebih Produktif: Tentunya kita bisa lebih memanfaatkan waktu dengan baik untuk kegiatan yang lebih bermanfaat. Ya, itung-itung waktu nggak akan terbuang percuma karena nunggu orang lain ngaret atau kita yang jadi tergesa-gesa dan ga maksimal karena telat.
  • Hubungan Lebih Harmonis: kita semua tau, banyak konflik yang akan terjadi karena “ketidaktepatan waktu”. Keterlambatan sering menyebabkan ketegangan di antara rekan kerja atau partner. Sehingga, dengan tepat waktu, kitab isa menghindari ko nflik tersebut.
  • Reputasi Profesional: di dunia kerja, orang yang tepat waktu cenderung dipandang sebagai orang yang dapat diandalkan. Hal ini terjadi karena dengan tepat waktu, kita bisa meningkatkan kepercayaan dan reputasi, baik di lingkungan kerja maupun dalam hubungan sosial.

Nah, gimana caranya supaya kita bisa lebih tepat waktu kayak orang Belanda?

  • Buat Jadwal yang Realistis: Pastikan jadwal harian yang kamu buat bisa dijalankan dengan waktu yang tersedia. Ya yang realistis-realistis aja, dari pada kita malah jadi kesusahan buat nepatin jadwal itu, kan jadi repot sendiri.
  • Pakai Pengingat: Pengingat atau alarm ini penting banget nih buat para sobat KP yang suak lupa waktu. Dengan alarm yang udah disiapin sebelumnya, kita jadi tau kapan harus memulai atau menyelesaikan suatu tugas.
  • Tetapkan Prioritas: Gunakan skala prioritas! Skala prioritas ini tu kayak kita memisahkan antara tugas yang mendesak dan yang bisa ditunda. Fokus elesaikan tugas-tugas penting terlebih dahulu agar tidak menumpuk di akhir waktu, gitu deh sobat.
  • Rencanakan dengan Antisipasi: Nah, ini penting banget nih. kadang kita suka mepet-mepetin waktu dan ga pikirin hambatan apa yang bisa aja terjadi. Jadi, selalu perhitungkan kemungkinan hambatan ya sobat (kayak macet, atau waktu persiapan tambahan).

Jadi, kesimpulannya, ketepatan waktu itu bukan cuma soal jam, tapi juga soal menghargai diri sendiri dan orang lain. Dengan disiplin waktu, kita bisa mencapai banyak hal dan hidup jadi lebih teratur, sobat.

Referensi:

https://www.idntimes.com/life/inspiration/rivandi-pranandita-putra/10-kebiasaan-orang-belanda-ini-patut-diteladani-oleh-kita-semua-c1c2?page=all

https://www.idntimes.com/life/career/rivandi-pranandita-putra/5-fakta-pola-kerja-orang-belanda-produktif-meski-waktu-kerja-sedikit-c1c2

https://adjar.grid.id/read/543124109/5-kebiasaan-sehari-hari-orang-belanda?page=all

https://unsplash.com/photos/man-and-woman-sitting-on-brown-wooden-bench-SquKfH21-JA

https://unsplash.com/photos/person-holding-white-mini-bell-alarmclock-UAvYasdkzq8

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment