Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Saturday, October 5, 2024

Ngobrol Sama Orang Belanda? Langsung ke Poin Aja!

 


Halo, sobat KP!

Kalian pernah denger nggak sih kalau orang Belanda itu nggak suka basa-basi? Ga kayak orang Indonesia yang suka basa-basi nanya "Udah makan?" pas ketemu, orang Belanda tuh lebih suka langsung ke inti masalah.

Tapi, kenapa sih mereka gitu?

Jadi sebenarnya, ini tuh soal budaya yang udah mendarah daging di sana. Orang Belanda sangat sangat menghargai efisiensi dan kejujuran. Mereka nggak mau buang-buang waktu dengan basa-basi yang nggak penting. Bagi mereka, waktu itu emas, jadi mending langsung aja ke topik utama ga perlu ngalor ngidul dulu.



Berikut beberapa contohnya:

  • Tanya langsung ke poinnya: Kalau mau nanya sesuatu, orang Belanda langsung to the point. Nggak ada basa-basi kayak "Maaf ganggu, tapi..." atau "Halo, bentar ya, aku mau nanya...".
  • Tidak suka basa-basi: Ngobrol sama orang Belanda biasanya singkat, padat, dan jelas. Nggak ada basa-basi yang bikin obrolan berputar-putar. Pokoknya hindari ngobrol yang berbelit ya sobat!

Terus, gimana dong kalau kita mau berinteraksi dengan orang Belanda?

  • Jadilah diri sendiri: Orang Belanda suka sama orang yang jujur dan apa adanya. Jadi, nggak usah sok-sokan atau basa-basi demi jaga “perasaan” pas ngomong sama mereka. Kenapa? Karena ini malah bikin kalian terlihat “palsu”. Waduh, ngeri juga ya!
  • Langsung ke poin: Kalau mau menyampaikan sesuatu, langsung aja ke intinya. Jangan bertele-tele ngalor ngidul dulu! Pokoknya langsung sat set das des aja, ahahaha.
  • Hargai waktu mereka: Orang Belanda sangat menghargai waktu. Jadi, jangan bikin mereka nunggu lama. Bahkan kalau mau ketemu atau main sama mereka, kita juga harus buat janji dulu. Gaada yang Namanya “dadakan, gass” kayak di Indo. Pokoknya semua harus tertata dan terjadwal sesuai dengan waktu yang udah ditetapin di awal, ya sobat. Gaboleh ngaret!                      

Tapi perlu sobat KP ingat ya, meskipun orang Belanda nggak suka basa-basi kayak orang Indo, bukan berarti mereka nggak ramah. Mereka cuma punya “budaya” yang berbeda dalam berinteraksi. Kalau para sobat KP udah bisa menyesuaikan diri, pasti bakal gampang berteman dengan orang Belanda. Intinya, kalau mau berteman dengan orang Belanda, siap-siap aja buat to the point. Nggak ada basa-basi lagi ya!

 

Referensi:

https://www.bbc.com/indonesia/vert-tra-42955649

https://unsplash.com/photos/women-and-man-talking-outside-the-building--Xv7k95vOFA

https://unsplash.com/photos/black-pants-PAGBeJrLiDA



 

 

No comments:

Post a Comment