Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Tuesday, September 26, 2023

Amsterdam: Ibu Kota Dengan Fakta Uniknya


Halo sobat KP! 

Gimananih kabarnya? Baik dong pastinya! Kali ini, min KP dateng dengan informasi penting seputar Belanda nih sobat! Kira-kira kita bakal bahas apa ya? Yuk simak lebih lanjut!

Pada artikel kali ini kita akan bahas tentang beberapa fakta unik Amsterdam sebagai ibu kota Belanda nih. Berikut merupakan penjelasannya:

    1. Lebih Dari Sekadar Kincir Angin

   Kalau kita bahas tentang Belanda, pasti yang terlintas dipikiran banyak orang hanya tentang kincir anginnya saja, kan? Tapi, di Amsterdam, lebih dari itu! Kota ini punya lebih dari 2500 jembatan, lebih banyak daripada di Venesia, Italia, sobat! Beberapa contoh nama jembatan di Amsterdam yaitu Jembatan Magere Brug, Python, Torensluis, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan cuma kincir angin yang bikin kalian penasaran. Banyak hal yang bisa bikin penasaran kalau kita berbicara tentang negara yang satu ini.

    2. Banyak Banget Sepeda


   Pastinya kalian udah ga asing lagi sama fakta yang satu ini kan sobat? Yup fakta ini memang keren banget, kenapa? karena fakta ini menandakan bahwa masyarakat Belanda memiliki gaya hidup yang sehat dengan bersepeda. Saking kerennya, bahkan populasi sepeda di Amsterdam jauh lebih banyak dari pada populasi orangnya lho sobat! ahahahaha emang keren banget sih. Jadi, kalo sobat KP mau ngetes skill sepeda, Amsterdam tempatnya! Menikmati setiap sudut kota dengan sepeda tentunya menarik untuk menjadi memori berharga selama di Belanda. Oiya ada fakta unik tambahan nih sobat, fakta unik lainnya itu yaitu setiap tahunnya belasan ribu sepeda berakhir di kanal Amsterdam. Nah, untuk menjaga kebersihan saluran air di kanal-kanalnya, pemerintah Amsterdam secara teratur akan “mengeruk” kanal-kanal dengan perahu besar. Wahh kerennya!

    3. Museum yang Keren


   Gak cuma jejeran rumah atau cafe aesthetic yang terkenal berdiri kokoh disana, faktanya Amsterdam juga terkenal dengan museum-museum kerennya, lho sobat! Salah satunya Rijksmuseum, museum yang punya karya-karya Rembrandt dan seni-seni klasik lainnya. Beneran, ngga cuma buat nyari spot kece buat kebutuhan instagram, tapi tempat ini bisa jadi tempat nyari inspirasi! keren abiezzz!

    4. Dekat Dengan Air?

  

    Fakta terakhir yang bakal min KP bahas yaitu pulau buatannya. Faktanya, Amsterdam sebagian besar dibangun di lahan reklamasi, lho sobat! Nama Amsterdam sendiri berasal dari kata Amestelle, yang berarti "daerah berair", dari Aa(m) "sungai" + stelle "situs di garis pantai" atau "tepian sungai".  Kedekatannya dengan air membuat Amsterdam juga terkenal dengan sistem kanalnya yang keren banget. Jadi, ga heran kalok Amsterdam ini juga dikenal dengan kanal-kanal nya yang eksotisHerengracht merupakan salahsatu kanal yang terkenal di tengah kota Amsterdam nih sobat.

 

Jadi, gitu nih sobat, fakta-fakta unik tentang Amsterdam. Jadi kapan nih mau rasain sendiri fakta-fakta unik lainnya langsung di Amsterdam!    

 Ingin tahu lebih banyak mengenai hal menarik di Belanda? Silakan follow instagram dan tiktok kami di @kartapustaka atau hubungi kami di 085750579272 (Lifi)

Penulis: Aldonna

Referensi: 

https://theculturetrip.com/europe/the-netherlands/articles/17-things-you-didnt-know-about-amsterdam

https://www.iamexpat.nl/expat-info/dutch-expat-news/most-googled-how-many-bicycles-are-there-netherlands

https://www.rijksmuseum.nl/en

https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Amsterdam

https://www.west8.com/projects/bridges_borneo_sporenburg/




 

 

 









No comments:

Post a Comment