Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Wednesday, February 7, 2024

"Hidup sebagai Mahasiswa di Belanda: Duitnya Abis Kemana Aja, ya?"

 



Halo sobat KP! Udah pada tau belum, nih, gimana rasanya jadi mahasiswa di Belanda? Ngga cuma soal sepeda dan kanalnya, tapi juga soal uang jajan buat hidup di negeri kincir angin. Nah, kali ini min KP bakal bongkar-bongkar soal penjabaran biaya hidup di Belanda yang bikin kantong mahasiswa jadi berasa kek tipis banget! Kuy simak lebih lanjut!

1. Sewa Tempat Tinggal

Biaya rumah tinggal bagi mahasiswa di Belanda bervariasi tergantung pada lokasi dan tipe akomodasi tempat tinggal. Nah, menurut info yang min KP dapet dari https://www.hotcourses.co.id/, perkiraan biaya yang harus dikeluarkan bagi setiap jenis pilihan tempat tinggal yang dipilih mahasiswa adalah sebagai berikut:

·       Apartemen studio :  € 500-  € 1.000 per bulan (Rp. 8,2 juta- Rp.16,4 juta)

·       Sharing apartemen :  € 400-  € 700 per bulan (Rp. 6,5 juta- Rp. 11,5 juta)

·       Student housing:  € 350- € 600 per bulan (Rp. 5,7 juta- Rp. 9,8 juta)

Wah, bener-bener mengurah dompet mahasiswa ya, huhuhu. Oiya, perlu diperhatikan juga untuk memilih tempat tinggal yang jangan hanya melihat harganya aja, sobat KP harus mempertimbangkan lokasi dan akses transportasi umumnya.

2. Makanan

Menurut min KP, biaya makan merupakan biaya yang bisa ditekan jika kita memiliki skill masak. Yup, walaupun bahan makanan juga terbilang mahal di sini yaitu sekitar €170-€300 (untuk sebulan), tapi akan jauh lebih mahal jika sobat KP selalu harus membeli makanan di luar setiap jam makan yaitu sekitar €12-€25 satu porsinya. Harga ini tentunya tergantung pada gaya hidup dan lokasi tempat tinggal sobat KP di Belanda. Oleh karena itu, sobat KP perlu membuat anggaran yang sesuai untuk kebutuhan makanan di Belanda, tentu dengan mempertimbangkan harga bahan makanan dan gaya hidup yang dijalani. 

3. Internet

Seorang mahasiswa tentunya gak bisa jauh-jauh dari yang namanya internet, kan? Biaya internet dan telepon gaboleh ketinggalan nih buat para mahasiswa di Belanda untuk menunjang pengerjaan tugas juga komunikasinya. Menurut https://suneducationgroup.com/, biaya internet untuk mahasiswa di Belanda bervariasi tergantung pada provider dan paket yang dipilih nih sobat. Beberapa provider internet yang tersedia di Belanda antara lain T-Mobile, KPN, Ziggo, dan Youfone. Nah, harga paket internet yang ditawarkan oleh provider tersebut bervariasi, dengan harga mulai dari €7 (sekitar Rp115.000) hingga €42,5 (sekitar Rp698.000) per bulan. Mahal banget! Jadi, bijak-bijak deh buat main game online atau nonton streamingan drakor.

4. Transportasi

Biaya transportasi yang harus dikeluarkan tentunya tergantung pada jenis transportasi yang digunakan dan juga jarak tempuhnya ya sobat. Belanda memiliki sistem transportasi publik yang nyaman dan bervariasi seperti kereta, bus, tram, dan metro. Namun, jika tempat tinggal mahasiswa dekat dengan kampus, mahasiswa dapat berjalan kaki saja atau menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi. Oleh karena itu, mahasiswa di Belanda perlu membuat anggaran yang sesuai untuk kebutuhan transportasi mereka, dengan mempertimbangkan jenis transportasi yang digunakan dan jarak tempuh yang ditempuh untuk ke kampus atau menjalankan aktivitasnya di sana.

5. Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan hal wajib yang gaboleh di skip bagi mahasiswa yang kuliah di luar negri, karena jauh dari keluarga, asuransi kesehatan tentunya akan sangat membantu kedepannya. Nah, biaya yang harus dikeluarkan dapat bervariasi tergantung pada jenis asuransi yang dipilih dan cakupannya. Biaya ini diperkirakan sekitar €90-€150 per orang per bulan. 

6. Hiburan

Weekend pasti pengen jalan-jalan, kan? Nah, hiburan ini gaboleh ketinggalan ya sobat. Biaya hiburan ini bervariasi tergantung pada pribadi dan gaya hidup yang dijalankan mahasiwa. Menurut min KP, kurang lebih mahasiswa harus menyisihkan sekitar 100-€200 untuk menunjang kewarasan jiwanya per bulan. Ya gimana ya sobat, nonton bioskop saja yang biasanya Rp 25.000 sudah nyaman, di Belanda perlu 12 atau sekitar Rp 200.000 an baru bisa nonton, huhuhu. Namun penting untuk diingat bahwa alokasi biaya hiburan juga harus seimbang dengan anggaran biaya hidup secara keseluruhan ya sobat!

        Jadi gimana, sobat? Sudah ngerasa sesak napas dan dompet belum setelah baca ini? Tapi tenang, masih banyak kok mahasiswa yang bisa nyelamatin uang jajan dengan bijak. Gak usah takut, yang penting tetap enjoy, tapi tetep tabung juga. Semangat!

     Ingin tahu lebih banyak mengenai hal menarik di Belanda? Silakan follow instagram kami di @kartapustaka atau hubungi kami di 085750579272 (Admin)

Penulis: Aldonna                             

Refrensi:

https://www.hotcourses.co.id/study-in-netherlands/student-finance/biaya-hidup-di-belanda/

https://suneducationgroup.com/news-id/biaya-hidup-di-belanda/

https://www.indonesiamengglobal.com/2015/05/menghitung-biaya-hidup-di-negeri-belanda/

https://flip.id/blog/total-biaya-hidup-di-belanda\

 


 

 

No comments:

Post a Comment