Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Friday, February 9, 2024

"Hidup Hemat ala Mahasiswa di Belanda: Nikmati Serunya!"

 


Halo, Sobat KP muda mudi Indonesia yang sedang berjuang mengejar ilmu di negeri kincir angin, Belanda! Nggak bisa dielakkan, hidup sebagai mahasiswa apalagi di Belanda emang nggak selalu semanis stroopwafel atau sehangat cappuccino di kafe khas Amsterdam. Seperti artikel KP sebelumnya yang udah bahas tentang biaya hidup tinggi khas luar negeri dan kantong mahasiswa yang seringkali kering. Jadi, kali ini min KP akan bahas tentang tips-tips ala anak muda buat menjalani gaya hidup murah meriah di Belanda, cekidot!!

1. Paham Sistem Transportasi Umum dan Biasakan Jalan Kaki

Di Belanda, transportasi umum sudah kayak hal wajib yang harus dipunyai setiap orang yang tinggal di sana sobat. Tak lain dan tak bukan karena biaya jika naik taxi ataupun punya kendaraan pribadi sangat lah mahal sobat. Walaupun beberapa tempat bisa dijangkau dengan sepeda, tapi kan ada kalanya kita harus ke tempat yang lumayan jauh, jadi skill dasar ini harus dilatih dari awal kalian datang ke Belanda ya sobat. Untuk lebih hemat, mahasiswa dapat menggunakan kartu transportasi langganan dengan biaya sekitar €90 per bulan. Oiya sobat, jalan kaki juga sama pentingnya ya karena untuk menjangkau setiap terminal tentu kita perlu berjalan kaki, jadi jangan lupa buat membiasakan berjalan kaki saat masih di Indonesia hahaha.

2. Skill Masak dan Bawa Bekal

Yup skill masak ini ga cuma buat para ciwi-ciwi saja ya sobat, cowo-cowo juga harus berlatih skill ini. Perlu sobat KP ketahui, beli makanan di restoran tu mahal banget sobat bisa €12-€25 per porsi. Coba bayangkan kalau kita sehari harus makan 3 kali, waduh bisa gila-gila itu pengeluarannya, huhuhu. Jadi, tips hemat yang satu ini bisa banget dilatih mulai dari sekarang. Oiya, ga perlu yang ribet-ribet kok sobat, karena di Belanda banyak juga kok toko yang jual bumbu instan Indonesia.

3. Beli Barang Second-Hand

Membeli barang second hand atau yang lebih dikenal dengan istilah “thrifting” jika di Indonesia, ini ternyata banyak juga ditemukan di Belanda lho sobat. Nah di Belanda sendiri, mahasiswa dapat memanfaatkan berbagai platform jual beli barang bekas seperti Marktplaats dan toko barang bekas (Kringloop) untuk memperoleh barang-barang seperti sepeda, perabotan, pakaian, dan peralatan rumah tangga dengan harga yang jauh lebih terjangkau dan tentunya masih fungsional sobat. Wah, kayaknya ini bener-bener membantu buat keselamatan dompet mahasiswa. Oiya, buat para sobat KP yang suka sama hal-hal yang berbau vintage kayaknya bakal betah banget nongki di toko barang bekas buat cari barang-barang unik, hahaha.

4. Budgeting

Walaupun sering dianggap sepele, tapi budgeting ini sangat penting ya sobat. Selalu atur budget bulanan dengan baik, supaya keuangan tetep terkontrol, dan tetep bisa nikmatin masa-masa studi di Belanda tanpa tekor. Dengan budgeting yang baik maka kehidupan mahasiswa di Belanda gabakal boring, karena kita sudah memberikan budget untuk kebutuhan pokok dan hiburan dengan tertata, pokoknya dijamin enjoy abiess deh.

5. Cari Part-Time Job atau Magang       

Pilihan untuk nyambi kerja atau magang bisa jadi pilihan cerdas buat menambah uang saku nih. Di Belanda, banyak perusahaan atau kafe yang membuka lowongan bagi mahasiswa. Selain tambahan uang, pengalaman kerja juga bisa para sobat KP dapatkan. Wah menarik banget nih buat dicoba! Tapi tetap harus mempertimbangan jadwal kuliah ya sobat, jangan sampai kegiatan “nyambi” cari cuan tambahan ini bikin kalian ga fokus kuliah.

Jadi, meskipun biaya hidup di Belanda terbilang tinggi, bukan berarti para sobat KP nggak bisa menikmati serunya hidup jadi mahasiswa luar negri ya. Dengan kreativitas, budgeting yang tepat, serta sikap hemat, maka menjalani hari-hari di negeri kincir angin bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan. Selamat mencoba dan semoga sukses, mahasiswa Indonesia di Belanda!

   Ingin tahu lebih banyak mengenai hal menarik di Belanda? Silakan follow instagram kami di @kartapustaka atau hubungi kami di 085750579272 (Admin)

Penulis: Aldonna                             

Referensi:

https://suneducationgroup.com/app/sun-media-app/penting-buat-mahasiswa-ini-kiat-hemat-biaya-hidup-di-belanda/

https://www.hipwee.com/list/belajardinegeriorang-berniat-studi-di-negeri-kincir-angin-yuk-ikutin-7-tips-hidup-hemat-selama-studi-di-sana/

https://kumparan.com/indonesiamengglobal/tips-menghemat-uang-bulanan-saat-studi-di-belanda-1wd5ZOBUzru/full

 

No comments:

Post a Comment