Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Wednesday, February 14, 2024

" Ikut Nge-vote di Pemilu Indonesia di Belanda"

 



Halo sobat KP! Perbincangan tentang pemilu tentunya sedang menjadi topik yang panas bagi Indonesia. Ternyata, hal ini juga terjadi sampai di negeri kincir angin lho sobat. Wah kok bisa? Pada tanggal 10 Februari kemarin, ada acara yang jadi sorotan banget di kalangan warga Indonesia di Belanda. Yup, gak lain gak bukan, Pemilihan Umum (Pemilu) Indonesia yang diadain di Belanda. Min KP sampe kagum banget liat antusiasme masyarakat Indonesia di sana.

Jadi, warga Indonesia yang ada di Belanda udah punya hak pilih buat bisa ikut nyoblos di tempat pemungutan suara yang udah ditetapin sobat. Menurut info yang min KP dapet dari https://www.jpnn.com/, Florentena Lukie selaku saksi dari Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Belanda mengatakan bahwa pemilihan umum ini dilaksanakan 4 hari lebih awal yakni pada 10 Februari 2024 dengan tujuh tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah disiapkan. Nah, lokasinya ada di De Broodfabriek, Volmerlaan 12, 2288 GD Rijswijk, Den Haag sobat. Walaupun jauh dari tanah air, rasa kangen dan rasa tanggung jawab buat ikut berkontribusi dalam pemilihan pemimpin untuk Indonesia, bikin min KP kagum.

Tercatat terdapat lebih dari 13.000 daftar pemilih tetap (DPT) di Den Haag. Namun, hanya 30% dari angka tersebut atau sekitar 4.000 orang yang menggunakan hak pilih mereka dalam pemilu kali ini. Hal ini terjadi bukan tanpa sebab sobat, menurut Lukie hal ini terjadi karena terdapat hambatan dalam proses registrasi karena adanya aturan baru. Aturan yang dimaksud adalah adanya kebijakan baru yang mengharuskan WNI yang ada di Belanda untuk mendaftar terlebih dahulu. Lukie juga mangatakan bahwa aturan seperti itu sebelumnya tidak pernah ada karena semua yang mendapat undangan otomatis bisa memilih dalam pemilu tahun lalu. Wah sayang banget ya sobat. Walaupun begitu, acara pemilu tetap berjalan dengan lancar kok sobat, bahkan bisa dikatakan meriah. Kok bisa? Karena pada pemilu kali ini fasilitas yang diberikan sangat nyaman, juga terdapat bazar dan live music yang sudah dipersiapkan secara matang oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag. Wah, pasti seru banget!

Walaupun terjadi beberapa kendala, KP salut deh sama semangat mereka yang bener-bener pengen ikut berpartisipasi dalam pemilu. Min KP harap, semangat kayak gini bisa nular ke generasi-generasi selanjutnya. Bahwa penting banget buat turut serta dalam pemilu, bukan cuma karena kewajiban, tapi juga sebagai bentuk nyata dari cinta dan tanggung jawab sama negara kita, Indonesia. Jadi, pemilu berikutnya di luar negeri, semoga semangat kayak gini terus ada, ya!

     Ingin tahu lebih banyak mengenai hal menarik di Belanda? Silakan follow instagram kami di @kartapustaka atau hubungi kami di 085750579272 (Admin)

Penulis: Aldonna                             

Refrensi:

https://www.jpnn.com/news/ribuan-wni-di-belanda-sudah-mencoblos-hasilnya-tunggu-hitung-resmi-14-februari?page=2

https://en.tempo.co/read/1832350/thousands-cast-indonesian-vote-in-the-netherlands?utm_source=Digital%20Marketing&utm_medium=Babe

https://sumbarsatu.com/berita/30743-pemilu-2024-warga-indonesia-di-belanda-sudah-mencoblos

https://pplndenhaag2024.com/2023/10/11/proses-pindah-memilih-di-luar-negeri/

https://www.cnbcindonesia.com/news/20240123170444-4-508384/lebih-dulu-dari-ri-ini-proses-dan-jadwal-pemilu-di-belanda

 


 

 

No comments:

Post a Comment