Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Tuesday, February 6, 2024

“Belanda Mau Ubah Proyek IKN Indonesia Jadi Kota Spons!"

 




Hallo, sobat KP! Info menarik dateng dari negri seribu kanal nih, katanya sih mereka siap bantu Indonesia di proyek IKN. Bantu apa ya? Yuk simak lebih lanjut!

Seperti yang kita tahu, Belanda merupakan negara yang sudah diakui dunia tentang kehebatan manajemen airnya sobat. Jadi sebuah kabar baik kalau Belanda mau ikut terlibat membantu Indonesia dalam menjalankan proyek IKN terutama dalam hal yang berhubungan dengan air. Kayaknya sih, mereka bantuin kita biar ibu kota baru ga kebanjiran. Wah, keren banget memang!

Belanda dateng dengan konsep keren namanya "sponge city," yang artinya nggak cuma buat nyerap air, tapi juga buat ngelola sumber daya air dengan cerdas. Ini nggak main-main, sobat! Mereka bakal bantuin Indonesia buat menerapin konsep ini di ibu kota baru, jadi banjir jauh-jauh deh dari kita! Oiya menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, ternyata Belanda udah komit buat bantuin kita dari 2023 lalu lho sobat. Ada perusahaan riset air keren dari Belanda, namanya Deltares, yang ikutan terlibat dalam riset untuk nyari solusi natural buat kelola air. Keren, kan?

Proyek IKN Indo emang lagi jadi perbincangan hangat nih, banyak investor yang kepo dan tertarik sama proyek IKN kita. Ternyata udah ada sekitar 350 surat minat dari investor, baik yang lokal maupun asing. Pembangunan tahap pertamanya aja udah sampe 71,47 persen loh! Busetttt, diem-diem banyak yang minat juga nih, kalok mimin ada yang minat ga ya? Cry, hahahaha. Nah, karna hal ini jadi ga heran juga sih, kalok Belanda ini udah jadi investor asing terbesar di Indo. Total investasi mereka udah tembus 1,3 miliar dolar AS pada tahun 2023. Makanya, ga salah kalok Belanda disebut-sebut sebagai salah satu sumber utama investasi langsung asing kita.

Wah jadi bagaimana nih, sobat? Belanda sudah komit buat ngebantu kita dalam projek ibu kota spons dan ini bener-bener bikin optimis, deh! Semoga aja dengan konsep keren itu, bisa jadi solusi keren buat Indonesia. Stay tuned terus ya buat info-infonya!

Ingin tahu lebih banyak mengenai hal menarik di Belanda? Silakan follow instagram kami di @kartapustaka atau hubungi kami di 085750579272 (Admin)

Penulis: Aldonna

Referensi:

https://jakartaglobe.id/business/netherlands-wants-to-help-indonesias-new-capital-on-water-management

https://investor.id/business/352772/belanda-siap-dukung-pengelolaan-air-ikn

https://ekonomi.bisnis.com/read/20220802/45/1562087/ini-daftar-tender-proyek-ikn-yang-rampung-agustus-tahun-ini


 

 

No comments:

Post a Comment