Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Sunday, April 28, 2024

"Menilik Kedekatan Belanda dan Kopi"

 



Halo sobat KP!

Para sobat KP tau gak sih kalo Belanda itu punya budaya kopi yang melekat? Yup, kopi di Belanda itu nggak cuma sekadar minuman, tapi udah jadi bagian dari gaya hidup mereka. Nah, kali ini min KP mau bahas tentang budaya kopi di Belanda yang bikin para sobat KP jadi pengen nyobain sendiri minum kopi sambil duduk-duduk cantik di kafe yang aesthetic abis di sana!

Semua ini bermula di abad ke-17, dimana kopi memulai perjalanannya di Belanda oleh para pedagang yang pulang dari Timur Tengah. Perusahaan Hindia Timur Belanda berperan penting dalam penyebaran kopi ke Eropa, dan Amsterdam dipilih menjadi pusat perdagangan kopi ini sobat. Pada abad ke-18, kopi sudah mulai masuk kedalam kehidupan masyarakat Belanda bahkan sudah menjadi makanan pokok di rumah tangga Belanda. Disamping itu, Belanda juga memelopori budidaya kopi di wilayah jajahannya, terutama  di pulau-pulau di Indonesia lho sobat. Bahkan sampai sekarang pulau-pulau terebut masih menjadi prosen kopi dunia! Salah satu pulau yang min KP maksud yaitu Sumatra. Hal ini yang menjadi dasar bahwa Belanda ikut serta berkontribusi dalam warisan kopi dunia nih. 

Nah, kalau tadi kita bahas tentang sejarah singkat kopi di Belanda, sekarang mimin mau bahas tentang cara menikmati kopi ala orang Belanda, cekidot! Kalau di Indonesia kopi biasanya dinikmati bareng gorengan, nah kalau di Belanda beda lagi nih sobat. Orang Belanda biasanya menikmati kopi dengan kue stroopwafel yang enak banget. Stroopwafel itu kayak kue tipis yang diisi dengan sirup gula, jadi waktu dimakan bareng kopi rasanya bener-bener pas. Selain menikmati kopi dengan stroopwafel, masyarakat Belanda juga menikmati kopi dengan mencampurkan rempah kedalamnya lho sobat. Kopi ini disajikan dengan gula aren dan rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh. Rasanya unik banget dan cocok buat yang suka sensasi rasa yang beda. Wah, mimin harus banget ikut cobain kalau yang kayak ginian mah!

Nah, itu tadi sedikit tentang kopi dan Belanda yang bikin para sobat KP jadi pengen nyobain sendiri kesana. Jangan lupa buat cari tahu sendiri dan nikmati kopi-kopi khas Belanda dengan suasana yang cozy abis!

Penulis: Aldonna

Referensi:

https://www.eraofwe.com/coffee-lab/en/articles/the-dutch-coffee-experience-cafes-brewing-methods-and-local-traditions

https://www.beanpoet.com/netherlands-coffee-culture/

https://www.dutchnews.nl/2015/10/proost-heres-five-of-the-oldest-taverns-in-amsterdam/

https://vt.tiktok.com/ZSNKfHjoT/

 

 

No comments:

Post a Comment