Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Monday, May 13, 2024

"Bobo: Majalah Legend Anak-anak Indonesia Ternyata dari Belanda!"

 

Siapa sih disini yang ga kenal sama majalah legend anak-anak Indonesia dari zaman dulu, yang masih eksis sampai sekarang ini? Yup, majalah Bobo! Majalah Bobo seolah-olah udah jadi ikon buat anak-anak dari generasi ke generasi. Dari dulu sampe sekarang, majalah ini selalu jadi temen setia buat yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Tapi, apa sih yang bikin min KP tertarik banget buat bahas majalah ini? Sini-dini ngumpul, kita bahas bareng ya!

            Pertama-tama kita bakal bahas tentang kenapa majalah Bobo bisa se-legend dan se-eksis itu di Indonesia? Nah, jadi kenapa Bobo bisa jadi ikon majalah anak yang legend dan eksis banget bahkan sampai sekarang tu kuncinya ada di kontennya. Majalah Bobo tu nggak cuma ngajak kita main-main aja, tapi juga nyelipin pelajaran dan informasi-informasi atau fakta unik yang berguna banget buat nemenin perkembangan kita di masa kecil. Mulai dari cerita pendek, teka-teki, sampe rubrik ilmiah, semuanya disajikan dengan bahasa yang asyik banget! Ga cuma itu, kalau para sobat KP notice, mulai dari cover sampai halaman terakhir majalah, semuanya disajikan eye-catching untuk dibaca anak-anak. Pemilihan warna yang cerah, gambar-gambarnya yang lucu, semuaa bikin mata langsung melek. Jadi, meskipun dulu kita banyak tugas sekolah, kita tetep nyempetin waktu buat baca majalah Bobo yang seolah bikin kita refreshing dari tugas sekolah yang bejibun dengan konten yang bermanfaat.

            Terus sejarahnya gimana? Bener ga sih kalok majalah Bobo berasal dari Belanda? Oke-oke, mimin bahas satu-satu yaw. Jadi gini sobat, majalah Bobo merupakan majalah anak yang udah berdiri sejak 50 tahun dan udah jadi teman bacaan favorit anak-anak Indonesia. Sejarahnya dimulai dari tahun 1965, dimana Kompas Gramedia memiliki ide untuk menampilkan halaman khusus yang ditujukan untuk anak-anak, sobat. Kemudian, pendiri Harian Kompas, P.K. Ojong dan Jakob Oetama, mengusulkan ide ini untuk dikembangkan menjadi majalah khusus anak-anak. Nah, pendiri Kompas Gramedia itu kemudian menyerahkan proyek pengembangan majalah ini kepada J. Adi Subrata dan Tineke Latumeten. Akhirnya, terjalinlah kerja sama antara Majalah Bobo Belanda dengan Harian Kompas untuk menerbitkan Majalah Bobo versi Indonesia. Kerjasama ini tentunya membuahkan hasil yaitu penerbitan Majalah Bobo pertama di Indonesia pada 14 April 1973. Wahhh, keren banget!





            Tapi, kalau majalah Bobo Indonesia bekerjasama dengan majalah Bobo Belanda, kira-kira tokohnya dan isinya sama ga ya? Nah, jadii sebagian besar karakter dalam Majalah Bobo Indonesia merupakan adaptasi dari versi Belanda. Majalah Bobo sendiri punya lisensi atau hak cipta dari Belanda untuk menerjemahkan nama-nama karakternya ke dalam bahasa Indonesia. Beberapa karakter yang diadaptasi dari Bahasa Belanda yaitu:

  • 1.     Bibi Teliti dari Pieta Secuur
  • 2.     Paman Gembul dari Oom Slokop
  • 3.     Upik dari Boemsi
  • 4.     Coreng dari Krabbel

Namun, untuk tokoh Bobo sendiri tetap mempertahankan namanya yang aslinya, sobat. Ini karena ya kalau nama Bobo diganti dengan yang lain, maka identitas majalah Bobo sendiri akan berubah dong. Selain karakter-karakternya, sebagian besar konten dalam Majalah Bobo Indonesia juga merupakan terjemahan dari konten dalam versi Belanda, lho sobat. Oiya, walau beberapa kontennya berasal dari Belanda, tapi ternyata ada beberapa konten di Majalah Bobo yang hanya bisa ditemukan di majalah versi Indonesia, nih. Misalnya, kayak cerita Oki dan Nirmala. Cerita itu menggambarkan kurcaci kecil yang nakal dan suka bikin onar. Nah, kenakalan di dalam diri Oki itu bisa diselesaikan dengan kehadiran peri cantik bernama Nirmala. Wahh, mimin jadi flashback nih pengen baca Bobo lagi!

Jadi gitu, sobat, sedikit cerita tentang si legend Bobo yang ternyata punya asal usul dari negeri kincir angin, Belanda! Bobo emang keren banget ya, udah bikin anak-anak Indonesia pinter dan kreatif! Jadi, kalo para sobat KP alumni majalah Bobo Indonesia, bisa banget nih buat coba eksplore majalah Bobo Belanda!

Referensi:

https://bobo.grid.id/

https://www.bobo.nl/

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Logo_Majalah_Bobo.png

https://www.instagram.com/majalah_bobo/p/CpAQ6jrhi7n/?img_index=4



 

                                      

No comments:

Post a Comment