Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Sunday, December 17, 2023

"Hal-hal Menarik Penghujung Tahun di Belanda"

 

 

Halo sobat KP!

        Ga terasa min KP udah nemenin hari-hari para sobat KP dari awal tahun sampai di penghujung tahun nih. Kira-kira di penghujung tahun, ada hal menarik apa ya di Belanda? Bulan Desember emang jadi saat yang ditunggu-tunggu buat semua orang sobat! Di Belanda, orang-orang merayakan Natal dan Tahun Baru dengan penuh semangat. Meskipun cuacanya dingin, tapi suasana Natal dan liburan akhir tahun membuat semuanya menjadi lebih hangat. Bagi para sobat KP yang sedang berada di Belanda atau berencana untuk berkunjung ke sana, yuk simak suasana bulan Desember di Belanda!

                1. Pakjesavond

Bulan Desember di Belanda dimulai dengan perayaan Pakjesavond pada tanggal 5 Desember. Pakjesavond merupakan perayaan Natal di Belanda yang melibatkan Sinterklaas si tokoh legendaris di bulan Desember. Selain itu, ada juga karakter Zwarte Piet yang menjadi asisten Sinterklaas. Tapi, bagi anak-anak Belanda, Sinterklaas dan Zwarte Piet adalah momen yang ditunggu-tunggu karena mereka akan mendapatkan kado dari Sinterklaas. Wah seru banget!

2.                    2. Lampu-lampu Natal

Setelah perayaan Sinterklaas, kota-kota di Belanda akan dihiasi dengan lampu-lampu Natal yang indah. Lampu-lampu ini akan membuat suasana kota menjadi lebih hangat dan menyenangkan sobat. Kalok mimin sih ngibaratin kayak lagi di negeri dongeng hahaha. Jangan lupa untuk berfoto-foto di depan lampu-lampu Natal yang cantik ya! 

3. Pasar Natal

Di bulan Desember, banyak juga ditemukan pasar Natal yang diadakan di kota-kota di Belanda. Pasar Natal ini biasanya menjual berbagai macam barang-barang Natal, seperti dekorasi, makanan, dan minuman. Selain itu, di pasar Natal juga sering diadakan pertunjukan musik dan tarian yang akan membuat suasana semakin meriah. Wah, gaboleh kelewat ini mah!

4.  Makanan menarik

Gak lengkap kalau mimin ga bahas soal makanan apa yang banyak ditemukan saat bulan Desember di Belanda. Jadi, di Bulan Desember ini ada beberapa makanan yang menarik perhatian mimin nih sobat, seperti Olliebollen (donat bola versi Belanda dengan berbagai rasa), Kerstkransjes (kue Natal Belanda yang berbentuk bundar seperti mahkota), dan Advocaat (minuman eggnog versi Belanda dengan campuran sedikit alkohol di dalamnya). Wah ngiler banget mimin jadinya!

5.  Olahraga musim dingin

Di Belanda bulan Desember juga merupakan musim dingin. Jadi, bagi kalian para sobat KP yang suka olahraga musim dingin, ini adalah waktu yang tepat untuk mencoba berbagai macam olahraga musim dingin, seperti ski, snowboard, atau skating. Salah satu tempat yang bisa para sobat KP jadikan tujuan untuk mencoba olahraga musim dingin ini yaitu di Maastricht. Beberapa kota di Belanda juga memiliki lapangan skating yang bisa digunakan secara gratis. Wah, min KP tertarik banget buat ikut coba skating di Belanda ditemani suasana natal disana!

6. Malam tahun baru

Perayaan tahun baru di akhir tahun bagaikan perayaan puncak yang menjadi klimaks perayaan bulan Desember. Banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara yang memilih untuk merayakan pergantian tahun ini di Amsterdam. Hal ini dikarenakan Amsterdam banyak diibaratkan menjadi pusat Belanda, sehingga banyak perayaan-perayaan yang mereka suguhkan disana, salah satunya yaitu pertunjukan kembang api. Pasti sangat seru dan romantis ya sobat!

Nah jadi gitu sobat, beberapa hal yang bisa para sobat KP lakukan di bulan Desember di Belanda. Jangan lupa untuk menikmati suasana Natal dan liburan akhir tahun dengan meriah ya! Selamat tahun baru, dan semoga tahun depan makin kece dari sebelumnya, ya!

 Ingin tahu lebih banyak mengenai hal menarik di Belanda? Silakan follow instagram kami di @kartapustaka atau hubungi kami di 085750579272 (Admin)

Penulis: Aldonna

Referensi:

https://www.kimkim.com/c/the-netherlands-in-december-travel-tips-weather-more

 https://ypsa.id/2015/03/03/catat-empat-hal-agar-mudah-beradaptasi-saat-kuliah-di-belanda/

https://dutchreview.com/expat/christmas-in-the-netherlands-celebrating-the-dutch-way/

https://www.leideninternationalcentre.nl/get-advice/blogs/all-about-pakjesavond


 

 

 

No comments:

Post a Comment