Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Wednesday, March 20, 2024

Belanda Negara Ter-Bahagia di Dunia

 


 

Para sobat KP pernah denger gak kalo Belanda sering disebut-sebut sebagai negara paling bahagia di dunia? Yup, ternyata ini fakta lho sobat! Kalok para sobat KP baru ngerasa down, mungkin mampir ke Belanda bisa jadi solusi ningkatin mood booster nih. Nah, berbicara tentang “negara paling bahagia”, kira-kira apa aja ya yang bikin Belanda disebut-sebut dengan istilah itu? Berikut min KP jabarin penjelasannya, cekidot!

Gimana ga bahagia, sih sobat? Belanda punya banyak alasan buat tertawa bahagia. Yup, jaminan kesejahteraan mereka yang keren abis! Mulai dari kesehatan, sistem pendidikan, keseimbangan kerja, dan lainnya. Coba para sobat KP bayangin, ketika kita bisa kerja dengan tenang tanpa mikirin keuangan? Nikmat mana yang kau dustakan coba?

Pertama, ngomongin soal kesehatan, Belanda punya sistem kesehatan yang keren abis! Sistem kesehatan Belanda adalah salah satu yang terbaik di dunia lho sobat, menurut laporan Commonwealth Fund. Belanda menjadi negara yang menduduki posisi kedua dalam rangking kesehatan tinggi, setelah Norvegia. Busett! Kenapa bisa ya sobat? Hal ini karena setiap warganya bisa medapatkan akses pelayanan kesehatan yang bener-bener oke dengan mudah. Mulai dari fasilitas sampai penanganannya yang satset. Belanda juga mewajibkan warganya yang berusia diatas 18 tahun untuk memiliki asuransi, agar penanganan kesehatan mereka bisa lebih terjamin, sobat.Udah gitu, sepeda jadi transportasi andalan mereka, jadi aktivitas fisik di Belanda merupakan hal yang biasa di lakukan. Makanya, warga Belanda biasanya lebih fit dan sehat, sobat!

Kedua Pendidikan. Belanda memiliki sistem Pendidikan yang keren juga bikin bahagia banget nih sobat. Buktinya, Belanda menduduki peringkat tinggi dalam pendidikan global, tercatat di peringkat ketiga oleh Forum Ekonomi Dunia dan memiliki kinerja tertinggi dalam peringkat Pisa/OECD untuk anak berusia 15 tahun. Hal ini karena sistem pendidikan Belanda ngasih kebebasan belajar dan pilihan pendidikan, lebih santai tanpa tekanan berlebihan, lingkungannya bebas stres, dan menghargai keseimbangan antara belajar dan bermain. Anak-anak Belanda dikasih sedikit atau bahkan gak ada PR dan punya kebebasan buat milih jalur pendidikan mereka sesuai minat dan prestasi mereka. Selain itu, sistem pendidikan ini juga ngasih nilai penting ke aktivitas fisik, yang bikin penurunan stres dan peningkatan kesehatan mental.

Ketiga, suasana di Belanda tuh nyaman banget. Gak ada tekanan berlebihan dari kerja, dan waktu senggang jadi kesempatan buat nongkrong sama temen-temen atau sekadar menikmati indahnya alam di Belanda. Udah gitu, di Belanda ada banyak tempat kerja yang menganut filosofi work-life balance, jadi gak heran kalo kualitas hidup mereka di atas rata-rata. Wah, keliatan nyaman banget ya sobat!

Belum lagi, cuacanya yang gak terlalu ekstrem juga bikin hati tenang. Meskipun kadang-kadang hujan, tapi musim panasnya juga nggak terlalu panas. Jadi, gak ada deh alasan buat bete gara-gara cuaca! Intinya, Belanda tuh kayak surga kecil di tengah dunia. Warga-warganya hidup dengan damai, bahagia, dan punya kualitas hidup yang tinggi. Jadi, kalo para sobat KP lagi butuh semangat hidup, mendingan mampir-mampir ke Belanda aja, sobat!

Ingin tahu lebih banyak mengenai hal menarik di Belanda? Silakan follow instagram dan tiktok kami di @kartapustaka atau hubungi kami di 085750579272 (Admin).

Penulis: Aldonna

Referensi:

https://nltimes.nl/2023/03/20/netherlands-remains-5th-world-happiness-report#:~:text=The%20Netherlands%20is%20the%20fifth,for%20the%20sixth%20year%20running

https://wise.com/us/blog/healthcare-system-in-the-netherlands

https://www.iamexpat.nl/expat-info/dutch-expat-news/dutch-healthcare-system-one-best-world

https://www.idntimes.com/life/career/rivandi-pranandita-putra/5-fakta-pola-kerja-orang-belanda-produktif-meski-waktu-kerja-sedikit-c1c2

https://www.iamsterdam.com/en/live-work-study/living/education-family/understanding-the-dutch-school-system

https://www.findingdutchland.com/five-impressions-of-the-dutch-educational-system/

https://hpatrinos.com/2017/05/26/happy-and-smart-kids-3-lessons-from-the-netherlands/

https://www.haibunda.com/parenting/20170924113859-61-8660/5-alasan-anak-anak-di-belanda-salah-satu-yang-paling-bahagia-di-dunia

 

No comments:

Post a Comment