Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Wednesday, June 26, 2024

Fakta Unik Eindhoven: Kota Keren di Belanda

 

Halo sobat KP! Kali ini min Kp dateng dengan infromassi menarik tentang kota Eindhoven. Siapa sih yang gak kenal? Salah satu kota keren di Belanda yang lebih dari sekedar arsitektur dan sepak bola. Buat para sobat KP yang belum tahu, ini dia fakta-fakta seru tentang Eindhoven yang udah min KP rangkum buat kalian semuaaaa:

1. The Blob: Bangunan Kece Ikon Pusat Kota

 


Ngomong-ngomong soal Eindhoven, pasti nggak bisa lepas dari bangunan-bangunan keren yang bikin kita terpesona. Salah satu bangunan yang unik di Eindhoven adalah The Blob. Nama "Blob" sendiri berasal dari "Binary Large Object" dan memiliki bentuk gumpalan dengan tinggi 25 meter, terbuat dari kaca dan material lainnya. The Blob ini didesain oleh Massimiliano Fuksas seorang arsitek terkena dari Italia, lho sobat. Keren nggak tuh?

The Blob memiliki luas sekitar 3000 m2 dan punya fungsi buat jadi struktur fokus masterplan. Nah, posisinya yang ada di alun-alun itu bikin bangunan ini jadi tempat keren yang ikonik, nih. Selain jadi bangunan yang ikonik banget, The Blob punya tujuan lain yaitu buat ngebuat pusat kota makin hidup sambil nyambungin toko-toko kece kayak bijenkorf sama kawasan belanja lama.

2. PSV Eindhoven: Klub Bola Hasil Transformasi Klub Olahraga Perusahaan


Di Eindhoven, kita nggak cuma bisa lihat bangunan keren, tapi juga bisa nonton bola dengan vibes yang nendang banget! PSV Eindhoven jadi andalan kota ini. Wah, info ini mah cocok banget buat para sobat KP yang penggila bola! Hahahaha. Mereka punya stadion keren bernama Philips Stadium. Beneran, suasana di stadion ini bisa bikin jantung kita berdebar! Nah, seperti nama kandangnya yaitu Philips Stadium, PSV memang dimiliki oleh Phillips, sebuah perusahaan lampu yang kita kenal saat ini. Wahh ga nyangka banget nih! Siapa yang di rumahnya paka lam phillips? Hahahaha.

The Philips Sport Vereniging sendiri kalau diartiin dalam bahasa Indonesia, akan bermakna sebaga persatuan olahraga Phillips. Saat pertama kalii dibentuk pada tahun 1913, PSV diperuntukan sebagai klub olahraga bagi para pekerja Phillips aja nih. Jadi, dari sekedar klub perusahaan, PSV bertransformasi menjadi salah satu klub paling disegani di negeri kincir angin. Mereka tercatat menjadi wakil pertama Belanda di kompetisi Eropa. Waw keren abiez!

3. TU Eindhoven: Universitas Teknologi yang Famous abieszz





Gak cuma soal bola atau arsitekturnya, Eindhoven juga punya universitas keren nih sobat, namanya TU Eindhoven. Universitas ini berfokus pada bidang riset dan teknologi. Nah, berdasarkan QS World University Rankings 2023, TU Eindhoven ini berhasil menempati posisi ke-138 global. Universitas ini ditempatkan di antara universitas teratas di dunia dalam berbagai bidang, termasuk teknik dan teknologi informasi. Keren banget ga sih?? Siapa yang tertarik buat melanjutkan pendidikan di TU Eindhoven ini nih sobat?

Nah, itu dia fakta-fakta seru dari Eindhoven Belanda, yang tentunya bikin kita makin penasaran buat berkunjung. Yuk, jadi salah satu turis yang jalan-jalan ke Eindhoven!

Referensi:

https://www.designboom.com/architecture/massimiliano-fuksas-de-blob-at-september-18-square/

https://www.behance.net/gallery/80044657/The-Blob-Eindhoven

https://vivagoal.com/sebuah-kisah-dari-eindhoven-klub-besar-yang-kadang-terlupakan/

https://equiposdefutbol2.blogspot.com/p/psv-eindhoven.html

https://www.tue.nl/en/research/research-groups/intelligent-lighting-institute

https://blog.schoters.com/eindhoven-university-of-technology

 

No comments:

Post a Comment