Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Monday, July 22, 2024

Belanda Diminta Ganti Rugi atas Perbudakan Zaman Penjajahan?

 


 



Halo sobat KP! Kalian suka denger gak sih soal perbudakan masa penjajahan yang dari dulu sampe sekarang masih rame dibahas? Nah, mimin baru dapet info kalok baru-baru ini, ada tekanan dari para aktivis ke Belanda buat ngasih ganti rugi atas perbudakan yang udah dilakuin mereka di masa lalu.

                        

Kita semua tau kalau perbudakan udah jadi bagian dari sejarah Belanda sejak abad ke-17. Nah pada masa itu, Belanda mulai ngekspansi kolonialnya ke berbagai wilayah di Asia dan Afrika, yaa Indonesia termasuk ke dalemnya. Terus, untuk upaya meningkatkan kekuatan ekonomi dan politiknya, Belanda pake cara perbudakan buat jadi alat guna memperluas wilayahnya dan memperoleh sumber daya alam gitu sobat. Nah, perbudakan ini lah yang masih sering jadi topik bahasan panas bagi beberapa kalangan nih, sobat. Belanda sendiri mengakui dan sempat meminta maaf atas perbudakan ini lho! Ya emang sih, Belanda udah minta maaf soal perbudakan itu, tapi kann… masa minta maaf doang?

Sehubungan dengan peringatan 161 tahun penghapusan perbudakan pada senin lalu (1/7/2024), beberapa aktivis mulai bertanya-tanya nih soal ketulusan dari aksi “permintaan maaf” yang dilakuin Belanda. Para aktivis bilang kalo minta maaf aja gak cukup. Mereka pengen Belanda ngasih “ganti rugi” dari dampak perbudakan yang masih kerasa sampe sekarang ke keturunan budak. Tapi, nyatanya sampe sekarang, Belanda masih diem aja soal “ganti rugi” ini. Boro-boro ngasih uang, mereka malah ngasih tawaran bantuan sosial sebesar 200 juta euro. Katanya sih buat bantuin keturunan budak dan kelompok lain yang masih kena dampak perbudakan.

Ide soal reparasi perbudakan ini udah lama ada, tapi emang baru-baru ini makin rame dibahas di seluruh dunia. Banyak yang dukung, karna biar sejarah kelam perbudakan gak dilupain dan keturunan budak bisa dapetin keadilan yang layak. Tapi ada juga yang nentang, karena mereka beranggapan kalo generasi sekarang gaharus “bertanggung jawab” atas kesalahan yang dah terjadi di masa lalu. Kalok menurut sobat KP gimana nih? Apakah Belanda harusnya ngasih ganti rugi atas perbudakan di masa lalu?

Referensi:

https://www.idxchannel.com/news/belanda-didesak-bayar-ganti-rugi-terkait-perbudakan-di-masa-kolonial

https://nasional.kompas.com/read/2018/08/28/15540211/benarkah-indonesia-dijajah-belanda-selama-350-tahun?page=all


 

No comments:

Post a Comment