Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Sunday, July 14, 2024

Zaanse Schans: Desa Kincir Angin Tradisional Belanda yang Kece Abis

 

 

            Para sobat KP pernah ngebayangin gak sih, buat jalan-jalan di pedesaan Belanda yang super estetik, karena dikelilingi sama kincir angin tradisional Belanda yang ikonik? Min KP pernah banget nih, soalnya dulu kalok nonton kartun yang ada kincir anginnya, suka kebayang buat kesana. Nah, buat para sobat KP yang pengen ngerasain sensasi itu jadi nyata, kalian wajib banget masukin Zaanse Schans kedalem list wisata yang wajib dikunjungi pas berlibur ke Belanda!

Zaanse Schans, desa tradisional Belanda yang satu ini bakalan ngebawa para sobat KP buat balik ke masa lampau, sekitar abad ke-18 dan 19an gitu deh. Di sini, kalian bisa menjelajahi berbagai tempat menarik, mulai dari museum, toko roti dengan aroma kue yang bikin ngiler, sampe gudang pembuatan bakiak yang unik. Eitss, jangan lupa juga buat nyempetin mampir ke pabrik, museum, dan pengecoran timahnya. Dijamin, para sobat KP bakal dapet pengalaman yang menarik dan tau banyak tentang budaya Belanda. Nah, buat yang suka beraktivitas, kalian bisa banget sepedaan atau bahkan naik perahu di sekitar desa. Selain itu, buat para sobat KP yang doyan banget sama belanja, di sana ada banyak toko yang menjual berbagai macam souvenir khas Belanda juga, lho. Dan yang paling penting, jangan lupa cicipi panekuk Belanda yang lezat di salah satu restorannya!



            Tapi gimana sih sejarah dibalik indahnya Desa Zaanse Schans ini? Jadii, Zaanse Schans tu dulunya kawasan industri yang ramai dengan ratusan kincir angin (pernah sampai enam ratus kincir angin lho sobat!), lahan pertanian, pabrik, dan rumah kayu. Kejayaan wilayah ini dimulai pada abad ke-17 dan 18 ini dikarenakan adanya penemuan poros engkol oleh rekan senegaranya Cornelis Corneliszoon van Uitgeest sekitar tahun 1594 yang memungkinkan kincir angin memotong kayu lebih banyak. Semangat kewirausahaan penduduk Zaan mendorong berkembangnya berbagai jenis pabrik, menghasilkan produk seperti kayu gergajian, kertas, minyak, pewarna, dan masih banyak lagi. Kemakmuran ini terlihat jelas pada tampilan arsitektur rumah-rumah milik pemilik pabrik dan pejabat tinggi di sepanjang sungai Zaan. Oiya, wilayah ini juga menjadi pusat pembuatan kapal komersial di Eropa dengan 26 galangan kapal yang meluncurkan 100-150 kapal per tahun. Wah, keren banget ya, sobat! Saat ini, Zaanse Schans telah menjadi destinasi wisata populer yang menawarkan gambaran sekilas tentang kehidupan masa lalu di wilayah Zaan, nih. Pengunjung dapat berjelajah ria mulai dari pabrik, museum, toko, dan kincir angin, serta menikmati suasana pedesaan yang indah. Emang ga kaleng-kaleng ya Zaanse Schans ini.

Nahh, jadi gitu sobat info menarik dari Desa ikonik Zaanse Schans. Pokoknya des aini benar-benar jadi tempat yang sempurna buat ngabisin waktu sehari di Belanda Utara. So, tunggu apa lagi? Yuk, rencanain liburan kalian ke Zaanse Schans sekarang!

 

Referensi:

https://www.dezaanseschans.nl/en/discover/

https://unsplash.com/photos/a-group-of-windmills-sitting-next-to-a-body-of-water-4AQQGQNZTZk

https://unsplash.com/photos/a-shop-filled-with-lots-of-different-types-of-items-PaazCgKZTec

https://unsplash.com/photos/a-couple-of-ducks-in-a-grassy-field-by-a-body-of-water-fH37eQU7qPE

 

 

No comments:

Post a Comment