Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Tuesday, July 16, 2024

Nijmegen Four Days Marches: Event Jalan Kaki Paling Mendunia! Sejarah, Cara Daftar, dan Tips Ikutannya!

 




Halo sobat KP! Kalian pernah denger ga sih soal Nijmegen Four Days Marches atau Nijmeegse Vierdaagse? Yup, ini tu Event jalan kaki yang paling ditunggu-tunggu di dunia! Bayangin aja, setiap orang yang ikut berpartisipasi akan jalan kaki sejauh 30, 40, atau bahkan 50 km selama 4 hari berturut-turut di Nijmegen, Belanda. Keren kan? Tapi gimana ya sejarahnya kok bisa aja event jalan kaki 4 hari yang mendunia banget? Kuy cari tau sama min KP!

1.     Sejarah Nijmegen Four Days Marches




Sejarahnya dimulai dari sini. 4Daagse, alias "The Walk of the World," event yang udah bertransformasi banget selama 110 tahun terakhir. Dari yang awalnya cuma 10 peserta, sekarang jadi lebih dari 45.000 peserta dari lebih 70 negara yang ikut berpartisipasi. Jadi, acara ini awalnya tu digelar buat membangun kebugaran dikalangan 296 prajurit dan 10 warga sipil pada 1 September 1909. Selama Perang Dunia I, acara ini sempat berhenti, tapi langsung dilanjutin lagi setelah 2 tahun sempet berhenti dengan Nijmegen sebagai titik awal permanen. Pada tahun 1928, jadi momen pertama Olimpiade ini dibuka buat peserta luar negeri. Saat itu, beberapa negara yang berpatisipasi yaitu ada Jerman, Inggris, Pernacis, dan Norwegia, nih sobat. Di tahun 1946, 4Daagse kembali setelah Perang Dunia II, dan Nijmegen berusaha keras buat tetep jadi tuan rumah olimpiade ini. Acara ini terus tumbuh, bahkan di tahun 1956 udah ada tiga orkestra yang berpartisipasi buat hiburan peserta. Uniknya, Pangeran Claus sempet ikutan acara ini di tahun 1967 dan nyebut Nijmegen sebagai pengalaman unik. Bahkan, setelah kematiannya di tahun 2002, salib 4Daagse tergeletak di samping peti matinya. Kemudian, tahun 1970, Vierdaagsefeesten atau pesta musim panas dimulai dan sekarang jadi festival terbesar di Belanda. Protes di tahun 1982 dan Roze Woensdag di tahun 1984 nunjukin bahwa acara ini juga jadi tempat buat menyuarakan pendapat. Pada tahun 1989, prajurit Rusia ikutan 4Daagse, dan ini seolah jadi simbol perdamaian. Selain itu, di tahun 1995, peserta dengan kursi roda akhirnya diizinin ikutan. Sistem penghargaan diubah di tahun 2004 biar adil buat semua gender. Wah acara ini keknya emang berusaha banget buat bisa ngerangkul setiap orang ya sobat! Tahun 2005 jadi rekor pendaftaran terbanyak dengan 53.336 pejalan kaki terdaftar, sobat! Tapi, tahun 2006 jadi titik terendah event ini karena pembatalan yang disebabkan oleh meninggalnya dua pendaki dengan ratusan yang pingsan. Perayaan 100 tahun 4Daagse di 2016 jadi momen yang gak terlupakan bagi sebagin orang yang ikut acara ini sobat. Hal ini dikarenakan banyak sekali kegiatan yang ditawarkan, mulai dari Pilihan dari sekian banyak kegiatan hari jadi: 50.000 registrasi, jarak ekstra 55 kilometer, 100 pejalan kaki yang berjalan 100kilometer setiap hari, kebun anggur organik selama 4Daagse, dan masih banyak lagi. Mengingat adanya pandemi corona beberapa tahun silam, ternyata memberikan efek ke acara 4Daagse juga lho sobat. Pandemi ini bikin acara dibatalkan dua kali berturut-turut di tahun 2020 dan 2021. Tapi, walau banyak perubahan dan tantangan, 4Daagse tetep jadi acara jalan kaki terbesar di dunia. Wahh, ternyata Nijmeegse Vierdaagse punya Sejarah yang Panjang ya sobat, pantes aja bisa mendunia gitu.

2.     Terus Gimana Cara Daftarnya?



Pendaftaran dibuka pada tanggal 14 dan 15 Juli 2023 di lokasi start dan finish di Stadion de Wedren, Nijmegen. Berikut mimin jabarin beberapa informasi penting tentang pendaftaran 4Daagse, ya sobat:

·       Waktu pendaftaran: Minggu 14 Juli 2023 (13.00 - 17.00) dan Senin 15 Juli 2023 (10.00 - 17.00)

·       Lokasi pendaftaran: Stadion de Wedren, Waldeck Pyrmontsingel 40, 6524 BB Nijmegen

·       Persyaratan:

o   Tiket (dapat diunduh di Dashboard Saya)

o   Tanda pengenal yang sah

o   Pendaftaran pribadi (tidak dapat diwakilkan)

o   Untuk kelompok, kontak person akan mendaftarkan peserta.

Untuk informasi lebih lanjut, sobat KP bisa langsung cek  di situs web resmi: https://www.4daagse.nl/ ya!

3. Tips Ikutan Nijmegen Four Days Marches:

·     Latihan: Ini tentunya jadi hal yang gaboleh disepelein nih sobat! Pastiin kalian udah terbiasa jalan kaki jarak jauh sebelum ikut event ini.

·       Persiapan Matang: Jangan lupa buat siapin segala hal yang kalian butuhin, termasuk sepatu yang nyaman, pakaian yang sesuai, dan snack penunjang energi.

·     Bergabung dengan Tim: Ikut event ini bareng sama teman atau keluarga tentunya bisa bikin jadi lebih seru dan motivating banget, nih.

·     Nikmati Perjalanannya: Pokoknya saran mimin jangan terlalu fokus sama target, nikmati juga pemandangan dan suasananya yang tentunya bakal memorable banget buat diinget.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Daftarin dan tantang diri kamu di event jalan kaki paling epic di dunia!

 

Referensi:

https://www.4daagse.nl/\

https://en.visitnijmegen.com/to-discover/four-days-marches

https://www.europeana.eu/es/stories/vierdaagse-the-four-days-marches-in-nijmegen

https://www.detinnenroos.com/en/four-days-marches-edition-medal-on-ribbon.html

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment