Les Bahasa Belanda

UJIAN BASISEXAMENINBURGERING A1

Beberapa orang cukup kewalahan dalam mempersiapkan Ujian Basisexamen Inburgering. Tapi sebagian lagi bingung, itu ujian apa sih? Mungkinkah ...

Sunday, September 8, 2024

Kenapa Orang Indonesia Gak Ngerti Belanda Padahal Pernah Dijajah Lama Bange

 




Sobat KP, kalian pernah nggak sih kepikiran, kira-kira kenapa ya orang Indonesia tuh nggak bisa bahasa Belanda, padahal kan kita dijajah sama mereka sampai ratusan tahun? Kan aneh banget ya? Ga kayak Malaysia yang masyarakatnya bisa berbahasa Inggris karena bawaan masa penjajahan. Padahalkan di film-film atau novel sejarah, kita sering denger orang Indonesia ngomong Belanda. Kok sekarang malah pada lupa semua? Bahkan sekarang susah banget buat nemuin generasi muda yang bisa berbahasa Belanda, paling mentok-mentok ya eyang atau simbah yang saat itu ikut berperang dan masih ada sampai saat ini.

Nah, biar nggak penasaran lagi, ini nih min KP jabarin beberapa alasan kenapa kita jadi nggak fasih bahasa Belanda:



  • Penduduk Lokal = Kasta Bawah: Dulu waktu zaman kolonial, yang bisa Bahasa Belanda tuh biasanya cuma orang-orang terpelajar atau pejabar aja. Kenapa? Karena orang Belanda mikirnya mereka punya derajat yang  lebih tinggi dibanding orang Indonesia lokal. Jadi, mereka ngerasa ada perbedaan kelas gitu (orang Belanda di atas, orang lokal di kasta paling bawah). Bisa dibilang, dari sudut pandang Belanda, kalau mereka nyebarin budaya/ bahasa mereka, artinya mereka nganggep orang lokal setara sama mereka secara budaya. Makanya, mereka lebih milih buat ngejaga struktur itu dan nggak nyebarin budaya Belanda ke masyarakat Indonesia.
  • Fokus Eksploitasi: Dulu, Belanda lebih fokus buat ngurusin ekonomi dan perkebunan aja. Mereka nggak ada waktu buat terlalu ngurusin penanaman “budaya baru” ke masyarakat Indonesia, gak lain gak bukan ya karena bagi bangsa Belanda, mengeruk keuntungan ekonomi sebanyak mungkin adalah hal yang paling penting. Jadi ya, bahasa Indonesia dan bahasa daerah tetep jadi yang paling banyak dipake.
  • Setelah Kemerdekaan, Fokus ke Bahasa Indonesia: Setelah Indonesia merdeka, Indonesia pengen banget punya identitas nasional yang kuat. Salah satunya ya dengan ngembangin bahasa Indonesia. Jadi, pemerintah lebih fokus buat ngembangin bahasa Indonesia dan ninggalin bahasa Belanda.
  • Generasi Muda Nggak Tertarik: Bahasa Belanda tuh dianggap sebagai bahasa yang kuno dan nggak kekinian. Jadi, anak muda zaman sekarang lebih tertarik buat belajar bahasa Inggris atau Korea yang lagi hitszz.

Jadi, kesimpulannya, meskipun pernah dijajah lama banget, ada banyak faktor yang bikin orang Indonesia nggak bisa bahasa Belanda. Tapi jangan khawatir, sobat! Kalau kalian penasaran dan pengen belajar, sekarang udah banyak sumber belajar yang bisa diakses secara online kok, Karta Pustaka misalnya!

 Ingin tahu lebih banyak mengenai hal menarik di Belanda? Silakan follow instagram kami di @kartapustaka atau hubungi kami di 085750579272 (Admin)

Penulis: Aldonna        

Referensi:

https://www.detik.com/jatim/berita/d-6897594/sederet-alasan-orang-indonesia-tak-bisa-bahasa-belanda-padahal-dijajah-lama

https://kumparan.com/berita_viral/dijajah-350-tahun-mengapa-warga-indonesia-tak-banyak-yang-bisa-bahasa-belanda-1xsCg0R120q/2

https://idsejarah.net/wp-content/uploads/2016/10/Sejarah-Penjajahan-Belanda-di-Indonesia.jpg

https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/945x630/photo/2022/11/06/foto-1-politikjpg-20221106082410.jpg

 

 

 


 

 

 

No comments:

Post a Comment